Iklan Header

Sabtu, 11 November 2023, 09:56 WIB
Last Updated 2023-11-18T03:00:27Z
Aquabike World ChampionshipDanau TobaKaro

Wabup Karo Rakor Persiapan Aquabike World Championship Lake Toba 2023, Target 100.000 Wisatawan

Wabup Karo di acara Rakor. (Foto/Istimewa).

Karo – nduma.id


Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting, menghadiri rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Aquabike World Championship Lake Toba Tahun 2023, Jumat 10 November 2023.


Rapat dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan.


Event internasional Aquabike World Championship 2023 akan digelar pada tanggal 22 November 2023 sampai 26 November 2023 di Danau Toba dengan empat lokasi utama, yakni Balige, Samosir, Silahisabungan, dan Tongging.


Diperkirakan, kegiatan ini akan dihadiri sekitar 100.000 penonton.


Mengingat besarnya skala event ini, Hassanudin meminta kepada empat Pemerintah Kabupaten yang menjadi panitia daerah untuk mempersiapkan segala hal dengan detail.


"Kita tidak ingin event internasional ini ada kendala saat berlangsung nanti, apalagi diprediksi akan ada 100.000 penonton ditambah pebalap beserta officialnya," kata Hassanudin.


Lebih lanjut, Hassanudin berharap Aquabike World Championship 2023 dapat meningkatkan popularitas Sumatera Utara dan Danau Toba di mata dunia.


Dampak positif yang diharapkan dari event ini adalah peningkatan jumlah pengunjung ke Danau Toba.


Perwakilan dari In Journey, Adrian Novry, menyampaikan beberapa kendala dalam penyelenggaraan event, seperti pembersihan eceng gondok dan pemindahan beberapa Keramba Jaring Apung (KJA) atau keramba udang.


Namun, kendala-kendala tersebut telah ditangani oleh Panitia daerah bekerja sama dengan event organizer In Journey.


Para peserta rapat koordinasi lainnya mencakup Kapolda Sumut Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, Pangdam I/BB Mochammad Hasan, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, Asisten Deputi Bidang Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Marves Asdep Kosmas Harefa yang hadir secara virtual, serta Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan Bupati Toba Poltak Sitorus.


Penulis: Raden

Editor : Rudi