Iklan Header

Rabu, 01 November 2023, 13:32 WIB
Last Updated 2023-11-01T06:32:21Z
Lembaga permasyarakatanNarapidanaNasionalPoldasuPolisi

Ungkap Kasus Narkoba, Lapas Medan dan Poldasu Berkoordinasi

Kabari Sitepu. (foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Upaya mengungkap kasus peredaran Narkoba terus di lakukan.


Kali ini Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan berkoordinasi dengan Polda Sumut.


Dukungan pemberantasan peredaran Narkoba tersebut ditegaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara, Jahari Sitepu, Selasa 31 Oktober 2023.


Di katakan pengedar Narkoba itu melibatkan salah satu narapidana. 


Sebelumnya, Direktorat Resor Narkoba Polda Sumut menangkap 2 orang pengedar sabu yang ditengarai dikendalikan narapidana berinisial T di Lapas I Medan. 


"Kami sudah mendapat laporan dari PLH Kalapas Kelas I Medan, Eben Haezer Depari yang juga selaku Ka. KPLP bahwa pihaknya intens berkoordinasi dengan Polda Sumut," katanya.


Dia menegaskan seluruh Lapas dan Rutan wilayah Medan akan terus bekerja sama dengan penegak hukum untuk mengungkap dan memberantas peredaran narkoba. 


"Kami juga ingin memastikan proses penyelidikan atau penyidikan yang transparan dan akuntabel," tegas Jahari.


Pihaknya sangat mendukung upaya kepolisian melakukan pendalaman bila terbukti ada keterlibatan narapidana. 


"Kami tegaskan bahwa jajaran Pemasyarakatan berkomitmen untuk terus memerangi kejahatan narkoba," sebutnya.


Dia mengatakan pihaknya sudah menindak lanjuti hal tersebut, Lapas Kelas I Medan langsung bertindak cepat dengan deteksi dini untuk mencari informasi demi menghindari terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib). 


Penggeledahan dan pemeriksaan di setiap kamar hunian pun sudah digelar untuk meningkatkan kamtib secara maksimal. 


"Komitmen kami sama, dari tingkat pimpinan dan pelaksana, perang terhadap narkoba, siapapun yang terbukti terlibat akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku, kami juga melaksanakan pemeriksaan terhadap tamu yang berkunjung,  pemeriksaan urine terhadap warga binaan dan petugas," ungkap Jahari.


Seluruh unit pelaksana teknis pemasyarakatan di Sumatera Utara juga sudah di instruksikan untuk tetap berpegang teguh pada Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju.


Sesuai pesan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, yakni Deteksi dini gangguan kamtib, berantas narkoba dan bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum lainnya, serta Back To Basics," tandasnya.


Penulis : Ari

Editor : Rudi