Iklan Header

Kamis, 02 November 2023, 12:07 WIB
Last Updated 2023-11-03T05:07:44Z
Aquabike World Championship 2023budayaDairiDanau TobaPariwisata

Tao Silalahi Dairi, Tantangan Seru Pembalap Jetski Aquabike World Championship 2023

Bupati Dairi foto bersama Bupati tuan rumah Aquabike World Championship 2023. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Tao Silalahi, bagian dari Danau Toba yang terletak di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, bakal menawarkan keunikan serta tantangan tersendiri bagi para pembalap jetski yang akan berkumpul dalam event internasional 'Aquabike World Championship Lake Toba 2023'.


Kejuaraan di jadwal pada 22 November 2023 sampai 26 November 2023 akan d gelar di 4 wilayah Kabupaten sekitar Danau Toba, termasuk Dairi dengan Tao Silalahi sebagai lokasi utama.


Berbeda dari F1 Powerboat yang tidak terpengaruh ombak, Aquabike World Championship justru menghadirkan atraksi akrobatik para pembalap yang bergantung pada ombak.


"Tao Silalahi memiliki hamparan danau terluas di kawasan Danau Toba serta ombak dan angin yang lebih besar, tentu ini menjadi tontonan yang menarik untuk para pengunjung," kata Bupati Dairi, Eddy Berutu, di acara live di Kompas TV, Rabu (1/11/2023).


Menjadi tuan rumah event internasional 'Aquabike World Championship Lake Toba 2023' menjadi kebanggaan dan harapan besar bagi Kabupaten Dairi.


Pemerintah Kabupaten Dairi telah mempersiapkan berbagai fasilitas dan infrastruktur untuk memastikan kesuksesan event ini.


Selain itu, event ini diharapkan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat lokal dan mendatangkan kontribusi ekonomi yang signifikan bagi daerah.


Ekspresi antusiasme juga disampaikan Odo RM Manuhutu, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kemenko Marvest RI serta Maya Watono, Direktur Promosi dan Pemasaran dari InJourney (BUMN Holding Industri Aviasi dan Pariwisata Indonesia).


"Tidak perlu lagi datang ke negara Swiss jika ingin menyaksikan langsung Kejuaraan Dunia Jetski, karena event ini akan dilangsungkan juga di Kawasan Danau Toba, ini sama seperti perhelatan internasional lainnya seperti Moto GP yang sudah kita laksanakan di kawasan wisata Mandalika beberapa waktu lalu," terang Oddo Manuhutu.


Perhelatan ini dipercaya akan memberikan dampak besar bagi promosi pariwisata Danau Toba dan daerah sekitarnya serta memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan bagi daerah-dara yang terlibat.


Aquabike World Championship 2023 di Danau Toba dianggap sebagai momen bersejarah karena merupakan ajang pertama kalinya diadakan di Indonesia, selain itu juga menandai kolaborasi unik antara empat kabupaten di sekitar Danau Toba.


Bupati Dairi, Eddy Berutu, mengonfirmasi kesiapan daerahnya untuk menjadi sorotan dunia melalui pelaksanaan event internasional ini dan berharap kesuksesan event ini akan membawa perubahan positif bagi daerah.


Dengan penyelenggaraan Aquabike World Championship Lake Toba 2023 yang spektakuler dan tantangan unik yang ditawarkan oleh Tao Silalahi, Kabupaten Dairi berada di ambang untuk berhasil menjadi tuan rumah event olahraga internasional dan menunjukkan keindahan alamnya, budaya, serta potensi ekonomi yang besar kepada masyarakat internasional.


Dan event ini akan digelar di empat wilayah Kabupaten yang ada di Kawasan Danau Toba Sumatera Utara yakni Kabupaten Dairi dengan Tao Silalahinya tepatnya di Dermaga Pantai Wisata Silalahi.


Kabupaten Karo di Pantai Sinalsal Tongging, Kabupaten Samosir di Pantai Waterfront City Pangururan dan Kabupaten Toba di Pelabuhan Mulia Raja, Balige tempat penyelenggaraan F1 Powerboat beberapa waktu lalu.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi