Iklan Header

Kamis, 02 November 2023, 22:21 WIB
Last Updated 2023-11-02T15:21:53Z
Lalu lintasPolisiSiantar

Sat Lantas Polres Siantar Edukasi Tertib Berlalu Lintas Depan Pasar Horas

Petugas polisi memberikan edukasi kepada pengendara. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang aturan dan keselamatan di jalan raya, Sat Lantas Polres Pematang Siantar sosialisasi tertib berlalu lintas depan Pasar Horas, Kamis 2 November 2023.


Kegiatan ini diharapkan dapat menekan pelanggaran, serta mengurangi insiden kecelakaan lalu lintas yang berujung fatal di wilayah Siantar.


Kegiatan ini diwakili oleh Kanit Regident IPDA Lukman A. Sinaga dan Kanit Kamsel Aipda Darwin P. Sitorus, SH.


Dalam sosialisasi tersebut, mereka menggunakan pengeras suara, membagikan brosur, dan menempelkan stiker kepada masyarakat pengguna jalan.


Pesan-pesan dalam sosialisasi tersebut di antaranya tentang Undang Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), serta tips berkendaraan yang aman (safety riding) di jalan raya.


Beberapa aturan lalu lintas yang dihimbau agar tidak dilanggar antara lain pengguna jalan yang mengendarai sepeda motor wajib menggunakan helm SNI dan pengemudi mobil wajib menggunakan sabuk keselamatan, tidak membawa penumpang lebih dari satu orang saat berboncengan, serta larangan menggunakan telepon genggam saat berkendara.


Selain itu, mereka juga mengingatkan larangan bagi anak di bawah umur mengendarai kendaraan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, melawan arus, melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan, serta menggunakan knalpot blong.


Terakhir, mereka menghimbau larangan naik ke atas kap mobil angkutan umum, khususnya bagi anak pelajar sekolah.


Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan pesan Keselamatan Berkendara (Kamseltibcar) Lantas dapat mencapai masyarakat luas, sehingga masyarakat lebih menyadari pentingnya tertib berlalu lintas.


Dampak yang diharapkan dari sosialisasi ini adalah menekan jumlah pelanggaran aturan lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas fatal di wilayah Polres Siantar.


Penulis : Ari

Editor : Rudi