Iklan Header

Sabtu, 18 November 2023, 11:49 WIB
Last Updated 2023-11-20T04:53:59Z
DairiKesehatanPKKStunting

Sadar Kesehatan Remaja, Ketua PKK Dairi Kampanyekan Aksi Bergizi di SMA

Ketua PKK dairi membagikan tablet tambah. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Siempat Nempu – nduma.id


Ketua Tim Penggerak PKK Dairi, Romy Mariani Simarmata mengkampanyekan gerakan aksi bergizi di SMA Negeri 1 Siempat Nempu melalui sarapan bersama, minum tablet tambah darah, dan senam bersama, Jumat, 17 November 2023.


Aksi ini sebagai bentuk menyadari pentingnya kesehatan remaja putri.


Karena itu Pemerintah Kabupaten Dairi mewajibkan mereka mengkonsumsi tablet penambah darah setiap hari Senin.


Tablet ini penting untuk mencegah anemia, yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh.


“Sel darah merah berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Jika anemia dialami oleh remaja putri, maka akibat yang dialami akan berkepanjangan. Jika nanti sudah berkeluarga, maka anak yang dilahirkan akan berisiko stunting,” ujar Romy Mariani.


Romy menjelaskan bahwa sel darah merah berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengalirkannya ke seluruh tubuh, jadi jika seseorang mengalami anemia, akibatnya akan berkepanjangan.


Anemia pada remaja putri dapat meningkatkan risiko stunting pada anak yang mereka lahirkan nantinya.


Stunting adalah kondisi di mana tumbuh kembang anak tidak sesuai dengan umurnya karena kekurangan asupan gizi.


Romy menambahkan bahwa pada tahun 2045, Indonesia diharapkan menjadi negara maju sesuai dengan visi Indonesia Emas.


Demikian juga pada tahun 2035, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, di mana jumlah generasi produktif akan lebih banyak dari generasi non-produktif.


“Generasi kalian saat inilah yang nantinya akan menjadi pemimpin bangsa ini, yang akan menjadi tonggak penggerak ekonomi bangsa. Oleh karena itu kalian semua harus tetap dalam keadaan sehat,” ucap Romy Mariani.


Peserta acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi dr. Henry Manik, yang mengatakan bahwa Bupati Dairi Eddy Berutu sangat memberikan perhatian terhadap pemberian tablet penambah darah ini.


Hal ini ditunjukkan dengan keluarnya instruksi Bupati Dairi tahun 2023 yang mewajibkan seluruh remaja putri di Dairi untuk mengkonsumsi tablet penambah darah melalui aksi "I Love Monday".


"Setiap hari Senin, remaja putri diwajibkan mengkonsumsi tablet penambah darah yang diberikan secara gratis," kata Henry Manik.


Dengan program ini, diharapkan remaja putri yang akan menjadi ibu nantinya, akan melahirkan anak yang sehat dan bebas stunting.


Turut hadir pada acara tersebut, Camat Siempat Nempu Binuar Malau, Kepala Sekolah SMA Siempat Nempu Festival Simanullang, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Imelda Purba


Penulis : Luhut

Editor : Rudi