Iklan Header

Senin, 06 November 2023, 18:34 WIB
Last Updated 2023-11-07T11:39:30Z
BawasluKPUPolriSiantar

Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024: Ini Harapan Walikota Siantar

Walikota Siantar membubuhkan Tanda Tangan. (Foto/Istimewa).


SIANTAR - nduma.id


Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar menyiapkan dana hibah untuk penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Tahun 2024.


Jumlah dana hibah yang disiapkan mencapai Rp25,2 miliar untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rp6 miliar untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Rp7,2 miliar untuk Polres Pematang Siantar dalam bidang pengamanan.


Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, mengharapkan agar masyarakat merasa nyaman, terutama menjelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif Tahun 2024 yang akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024.


"Saya sangat mengharapkan agar pihak-pihak penyelenggara dapat mewujudkan tahapan-tahapan dengan baik dan benar. TNI dan kepolisian juga diharapkan siaga dalam mengantisipasi masalah dan mengawal suksesnya Pemilu," ujar Wali Kota dalam acara Rakor Forkopimda Kota Pematang Siantar tentang Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024, yang diselenggarakan pada Senin (6/11/2023).


Ia menilai kerjasama dan kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah, TNI/Polri, penyelenggara KPU, pengawas Bawaslu, pemangku kepentingan, serta masyarakat menjadi modal utama terciptanya suasana stabilitas kamtibmas di Kota Pematang Siantar.


dr Susanti menjelaskan bahwa Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2023 Pasal 1 ayat (4) menyatakan bahwa Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) merupakan forum yang digunakan untuk membahas penyelenggaraan urusan pemerintahan umum daerah.


"Acara rapat koordinasi ini diselenggarakan sebagai sarana silaturahmi dan sekaligus membuka wacana, gagasan, serta penilaian-penilaian baru tentang bagaimana memicu pembangunan ke arah yang lebih baik untuk mencapai Kota Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas dengan semangat Sapangambei Manoktok Hitei, yang artinya bekerja sama untuk mencapai tujuan mulia," papar dr Susanti.


Penulis: Ari 

Editor: Rudi