Iklan Header

Selasa, 07 November 2023, 05:10 WIB
Last Updated 2023-11-06T22:10:48Z
Asia Pacific Rally ChampionshipDanau TobaMedan

Pj Gubsu Dukung APRC di Danau Toba, 5 Negara Sudah Konfirmasi

 Ikatan Motor Indonesia Sumut foto bersama Pj, Gubsu. (Foto/Istimewa).

MEDAN – nduma.id


Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menyatakan dukungannya untuk suksesnya acara Danau Toba Rally-Asia Pacific Rally Championship (APRC) Grand Final, yang akan diselenggarakan pada 24 November 2023 sampai 26 November 2023 mendatang.


Itu di katakan saat menerima delegasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut di Kantor Gubernur Sumut,  Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Senin 6 November 2023.

 

"Kami, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, sangat mendukung terselenggaranya APRC dan berharap itu akan membawa kita ke World Rally Championship (WRC) suatu hari nanti,” ujar Hassanudin.


Hassanudin mengaku ingin melihat event itu sukses dan Danau Toba semakin di kenal.


“Kita semua ingin melihat event ini sukses dan Danau Toba dikenal lebih luas," ujarnya.


Gubernur menjelaskan bahwa penyelenggaraan APRC juga akan berdampak positif pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut.


Apalagi dalam sektor kuliner, kerajinan, jasa, dll.


Di samping itu, sektor pariwisata akan mendapatkan manfaat dari promosi Danau Toba sebagai destinasi wisata yang lebih dikenal.


“Di sana ada UMKM yang akan merasakan dampak dengan diadakannya event itu nanti, misalkan untuk kuliner, handicraft, jasa, dan lainnya,” tandasnya.


Sementara itu, Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution, berharap dukungan penuh dari Pj Gubernur Sumut Hassanudin demi suksesnya event ini.


"Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Bapak Gubernur, dan kami berharap event ini akan menjadi dasar untuk menghadirkan WRC di masa depan," kata Harun.


Pembina IMI Sumut, Musa Rajekshah mengungkapkan bahwa beberapa negara yang sudah mengkonfirmasi kehadirannya di grand final mendatang, diantaranya ada Jepang, Thailand, Malaysia, Selandia Baru, dan India.


Peserta-peserta ini diharapkan dapat membawa pulang kesan positif tentang keindahan alam dan pariwisata di Provinsi Sumatera Utara, khususnya Danau Toba, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


Ia juga menyoroti satu adanya Super Special Stage sepanjang 3,10 km di kawasan The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba.


Beberapa kegiatan lain seperti konferensi pers digelar di Kabupaten Samosir dan perlombaan diadakan di Kabupaten Simalungun.


Menurut Rajekshah, ini dilakukan agar peserta dapat menikmati lebih banyak keindahan alam Danau Toba.


“Acara ini sengaja kita buat di beberapa tempat di kawasan Danau Toba, agar peserta bisa melihat lebih banyak keindahan alam di Danau Toba,” ujarnya.


Penulis: Ari

Editor : Rudi