Iklan Header

Rabu, 01 November 2023, 09:26 WIB
Last Updated 2023-11-03T02:29:08Z
DairiPilkadesPolisi

Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Dairi Sukses

Bupati Dairi menyapa warga yang memilih di Pilkades. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Penyelenggaraan Pilkades serentak di 22 desa yang tersebar di 11 kecamatan pada 25 Oktober 2023 berlangsung sukses.


Pemerintah Kabupaten Dairi merilis Pilkades ini berjalan lancar, aman, tertib, dan kondusif, dan menunjukkan wujud demokrasi yang baik di masyarakat Dairi.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi, Simon Tonny Malau, mengungkapkan bahwa pilkades berjalan lancar, aman, tertib, dan kondusif.


Menurut Simon, pelaksanaan pilkades ini disambut positif oleh masyarakat Dairi dan merupakan wujud demokrasi yang baik.


Masyarakat memiliki kesempatan untuk secara langsung memilih pemimpin mereka, dan kenyataan bahwa pelaksanaannya berlangsung sukses menunjukkan betapa pentingnya demokrasi bagi masyarakat.


“Pelaksanaan pilkades ini disambut baik oleh seluruh masyarakat Dairi. Pilkades ini merupakan wujud demokrasi dimana masyarakat berkesempatan untuk memilih pemimpinnya secara demokrasi, dan kita patut bersyukur karena pelaksanaanya berjalan sukses,” ucapnya, Senin (30/10/2023).


Simon juga menyampaikan bahwa permasalahan keberatan dari salah satu calon kepala desa, Charles Napitupulu, akan segera diselesaikan sesuai dengan ketentuan yang diatur di dalam Peraturan Bupati Dairi Nomor 14 Tahun 2023 tentang Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Desa.


“Dapat kami informasikan bahwa dari 18 orang kepala desa incumbent (petahana) yang kalah sebanyak sepuluh orang. Ada tiga orang terpilih kepala desa perempuan,” ucapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Simon mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pilkades, seperti Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD), BPD Kecamatan, TNI/dan Polri, dan tentu saja, masyarakat di 22 desa yang menggunakan hak suaranya.


Sebagai informasi, beberapa kepala desa terpilih antara lain Sunta Tutur Simorangkir, Patar Nainggolan, Edward Kennedy Sim, Perdinan Simamora, Jasri Maha, Humitar Sitorus, Binton Panjaitan, dan Junaidi Cibro. Selain itu, ada tiga kepala desa perempuan yang terpilih, yaitu Nurmasi Sihombing, Ermawati Purba, dan Iin Nenci Peronika Lumbantobing.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi