Iklan Header

Sabtu, 04 November 2023, 11:15 WIB
Last Updated 2023-11-04T04:15:23Z
Bantuan bibitDairiPertanian

Petani KPT Parbuluan V Terima Bantuan Dari Pj.Gubsu Hassanudin

Pj Gubsu memberikan bantuan bibit secara simbolis. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Parbuluan –nduma.id


Petani di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Parbuluan V, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, mendapatkan kejutan dari Pj.Gubernur Sumatera Utara, Mayjen (Purn) Hassanudin saat kunjungannya pada Kamis 3 November 2023.


Hassanudin memberikan bantuan berupa bibit jagung, padi, obat pengendali hama ramah lingkungan, dan hand sprayer kepada petani Parbuluan V dalam Kawasan Pertanian Terpadu .


Hassanudin menekankan bahwa bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap upaya pengembangan sektor pertanian di daerah tersebut.


"Bantuan ini dapat membantu bapak ibu dalam bertani. Memang tidak banyak, tapi kami berharap bapak ibu  senang menerimanya, karena ini adalah bentuk kepedulian pemerintah dalam mendukung petani," kata Hassanudin.


Dalam kesempatan yang sama, Hassanudin juga berdialog dengan para petani, mendengarkan keluhan dan harapan mereka dalam mengembangkan sektor pertanian.


"Saya senang jika Bapak Ibu senang dengan kehadiran KPT ini. Kita melihat bahwa potensi tanahnya, petaninya, dan kemauan daerah mengembangkannya membuat saya optimis Dairi bisa menjadi penyokong bahan pangan seperti cabai, bawang, dan lainnya untuk Sumut, bahkan kita ekspor," tandasnya.


Sebagai respons, salah satu petani, Oppung Maya, mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dan kepedulian pemerintah Sumatera Utara dan Kabupaten Dairi terhadap petani dalam KPT Parbuluan.


"Kami yang dulu malas sekarang sudah semakin rajin bertani," ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Dairi Eddy Berutu menyampaikan bahwa progres pembangunan KPT hampir mencapai target 100% untuk tahun 2023, dengan penambahan 100 hektar lahan yang akan dikembangkan pada tahun ini.


"100 Ha lagi akan kita kembangkan tahun ini, membuka jalur, listrik, irigasi, gudang, bibit, dan pupuk, bahkan petani kita sudah ada yang melakukan pembibitan sendiri," kata Eddy Berutu.


Hadir dalam kunjungan tersebut, Pj.Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin, Ketua TP PKK Dairi Romy Frida Eddy Berutu, Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Rajali, Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Surung Charles Bantjin.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi