Iklan Header

Selasa, 07 November 2023, 07:24 WIB
Last Updated 2023-11-07T01:10:10Z
BasarnasBPBDHanyutHumbahasPolriTNI

Pencarian Dilanjutkan, Korban Hanyut di Sungai Aek Silang Ditemukan Hari ke 4

H

Korban di evakuasi tim SAR. (Foto/Istimewa).

Humbahas, Dolok Sanggul – nduma.id


Setelah 4 hari pencarian intensif, perjuangan Tim SAR gabungan akhirnya membuahkan hasil.


Korban, Juniman Gulo (38) yang dilaporkan hanyut di Sungai Aek Silang tepatnya di Desa Simangaronsang PLTMH Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas pada Jumat 3 November 2023 lalu, ditemukan, kondisinya sudah tidak bernyawa lagi.


Pencarian dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan.


Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono, mengatakan sejak hari pertama melakukan pencarian, Tim SAR gabungan langsung berkoordinasi dengan PLN agar menurunkan debit air.


Hal ini untuk lebih memudahkan menyusuri sungai.


" Berkat sinergitas yang baik seluruh unsur yang terlibat sekitar Pkl.10.20 WIB akhirnya Tim SAR gabungan menemukan korban. Korban ditemukan sekitar 300 meter dari lokasi hanyut dan berhasil di evakuasi ke ambulans setengah jam kemudian," kata Budiono, Senin (6/11/2023).


Mengingat aliran air sungai yang deras dan medan ekstrim, tim juga melakukan pantauan dengan menggunakan drone, sebelum turun ke sungai melakukan penyisiran.


“ Semuanya keberhasilan atas kerja sama antar Basarnas, BPBD, Gaji, PLN, Koramil 05 Doloksanggul dan Pemerintah setempat,” tandas Budiono.


Sebelumnya pada Jumat, 3 November 2023 pukul 09.30 Wib korban dilaporkan hanyut di  Sungai Aek Silang Desa Simangaronsang PLTMH Aek Silang Kecamatan Doloksanggul  Kabupaten Humbahas.


Korban saat itu menyeberangkan kayu di Sungai kemudian hanyut terseret arus derasnya sungai.


Pemerintah setempat dan masyarakat telah melakukan pencarian namun belum ditemukan, hingga BPBD Humbahas melaporkan ke Pos SAR Danau Toba guna meminta bantuan SAR.


Penulis : Rudi

Editor : Son