Iklan Header

Minggu, 19 November 2023, 11:21 WIB
Last Updated 2023-11-21T04:23:35Z
Pakpak BharatPelatihan BeternakPertanian

Pemkab Pakpak Bharat Tingkatkan Kualitas Budidaya Ternak Kambing Melalui Pelatihan

Memberikan materi beternak Kambing. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, STTU Jehe – nduma.id


Budidaya ternak kambing menjadi salah satu alternatif yang menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak di Indonesia.


Namun, untuk dapat memperoleh hasil yang optimal dari budidaya ternak kambing, diperlukan keterampilan dan pengetahuan yang memadai.


Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mengadakan pelatihan budidaya ternak kambing bagi Kelompok Tani dan Pondok Pesantren Calon Penerima Bantuan Ternak.


Pelatihan tersebut diikuti oleh puluhan peternak kambing di wilayah Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.


Tepatnya di Pondok Pesantren AS-SYAHAADAH di desa Maholida Kecamatan Sitellu Talu Urang Jehe, pada Rabu 15 november 2023.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, SP, MP melalui Kepala Bidang Perikanan dan Peternakan, Humala Sitorus menjelaskan bahwa pelatihan budidaya ternak ini berlangsung dalam rangka Edukasi Ternak Berkelanjutan menjelang pemberian bantuan ternak kepada masyarakat dan kelompok tani.


Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada peserta agar dapat melakukan cara budidaya ternak yang baik dan benar.


“Untuk memberikan edukasi/ilmu kepada calon penerima bantuan agar mengetahui cara budidaya ternak yang baik dan benar,” jelas Humala Sitorus, S.Pt.


Selain itu, pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat juga menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional dan Pusat Peternakan sebagai narasumber dalam kegiatan ini.


Dr. Andi Tarigan, S.Pt., M.Si sebagai ahli yang telah diundang untuk memberikan pemateri tentang manajemen budidaya ternak kambing dan pakan fermentasi.


Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan peserta dapat meningkatkan kualitas budidaya ternak kambing dan produktivitasnya.


Selain itu, pelatihan juga menjadi sarana untuk bertukar informasi dan pengalaman dengan peternak lainnya, sehingga dapat mengembangkan kreativitas dalam budidaya ternak kambing.


Melalui kegiatan seperti ini, pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dan peternak dapat bekerja sama untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas budidaya ternak kambing.

 

Penulis : Rudi

Editor : Son