Iklan Header

Senin, 20 November 2023, 10:38 WIB
Last Updated 2023-11-21T03:40:42Z
Pakpak BharatPertanianPupuk Organik

Pemkab Pakpak Bharat Pelatihan Buat Pupuk Organik dan Pemberantasan Hama

Pelatihan pembuatan pupuk organik. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat kegiatan pengembangan kapasitas kelembagaan petani di kecamatan dan desa dalam bentuk pelatihan pembuatan pupuk organik dan pemberantasan hama penyakit pada cabai merah, bawang merah, dan kentang.


Kegiatan ini diikuti oleh para petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari seluruh kecamatan di Pakpak Bharat. Ir. Anto Nababan, M.Si. dari UPT Balai Pelatihan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura provinsi Sumatera Utara diundang sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut.


Pelatihan tersebut memberikan pengajaran khusus mengenai pembuatan pupuk organik dan cara pemberantasan hama penyakit pada cabai merah, bawang merah, dan kentang.

 

Pupuk organik diyakini memiliki manfaat bagi peningkatan produksi pertanian, mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan.


Penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat mengurangi ketergantungan petani pada pupuk kimia sintetik dan mencegah degradasi lahan.


Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, SP, MP, menyampaikan harapannya bahwa para petani dapat memahami manfaat dan cara membuat pupuk organik secara mandiri melalui kegiatan ini.


Selain itu, penggunaan pupuk organik juga dapat mewariskan tanah yang subur untuk generasi penerus.


“Secara bertahap ketergantungan terhadap pupuk kimia sintetik bisa kita kurangi. Selain itu juga dengan pupuk organik ini, kita akan mewariskan tanah yang subur untuk anak cucu kita,” ucap Adei Johan menyampaikan pesan Bupati, Jumat (17/11/2023) lalu.


Melalui kegiatan pelatihan ini, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pertanian dan memberikan dukungan kepada para petani dan PPL untuk terus berinovasi dan meningkatkan produktivitas lahan secara berkelanjutan.


Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat.


Penulis : Rudi

Editor : Son