Iklan Header

Minggu, 05 November 2023, 00:36 WIB
Last Updated 2023-11-05T17:39:14Z
Bisnis MachingDairiPesta Njuah-njuahUMKM

Pemkab Dairi Dorong Pertumbuhan UMKM Dairi Melalui Pesta Budaya Njuah-njuah

Bupati Dairi memberikan materi pada Business Matching dan Ngobrol Asyik Bareng UMKM di Pesta Njuah-njuah. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Pesta Budaya Njuah-njuah, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Dairi dijadikan momentum oleh Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk memacu pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Dairi.


Melalui konsep Business Matching dan Ngobrol Asyik Bareng UMKM, Sabtu 4 November 2023.


Acara ini bertempat di Stadion Utama Sidikalang dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait serta pelaku usaha.


Eddy Berutu mengatakan bahwa pemerintah telah dan akan terus berupaya mendukung kemajuan UMKM dengan menciptakan ekosistem yang kondusif.


Hal ini meliputi melibatkan perbankan, pelatihan pengemasan dan produksi, serta upaya lain yang akan membuat produk hasil UMKM lebih kompetitif, baik di pasar lokal Dairi maupun skala nasional dan internasional.


"Pemerintah telah dan selalu berupaya untuk mendukung kemajuan UMKM dengan menciptakan ekosistem yang baik, seperti melibatkan perbankan, melakukan pelatihan pengemasan dan produksi, sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing dan menyokong perekonomian di Indonesia, khususnya di Dairi," katanya.


Menurut Bupati, Kabupaten Dairi memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan UMKM-UMKM unggulan yang mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri hingga mancanegara.


"Masyarakat Dairi memiliki semangat yang tinggi untuk berkecimpung di dunia usaha. Dairi juga memiliki sumber daya alam yang mumpuni,” sebut Eddy.


Oleh karena itu, pemerintah secara bertahap telah menyediakan fasilitas pendukung, seperti pembangunan sentra ulos, sentra kopi, PLUT, dan pelaksanaan pelatihan peningkatan kualitas produk.


Eddy Berutu juga menegaskan pentingnya kolaborasi semua elemen, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan perbankan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan keberanian berinovasi di sektor UMKM.


Ia berharap, dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Dairi akan mampu menggandeng pihak swasta nasional untuk membantu UMKM di Dairi.


"Perputaran ekonomi dapat terjadi melalui belanja pemerintah, konsumsi masyarakat, ekspor belum ada, dan perbankan. Ini berarti pemerintah saja tidak mampu, harus ada dukungan dari semua kalangan. Kita bukan superman, melainkan super tim yang harus berkolaborasi untuk kemajuan bersama," kata Eddy Berutu.


Selama acara ini, berbagai narasumber hadir menjelaskan bagaimana UMKM dapat mengoptimalkan potensi yang ada, seperti Sukardi Banurea dari Bank Mandiri, Manaek Siregar dari Badan Pertanahan Negara, Mahdi Kudadiri dari Kantor Kementerian Agama Dairi, Jekson Butar-butar dari Badan Pusat Statistik, Eben Gurning dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Zulpan Rizky Amanda dari Bank Indonesia, dan Edy Primsa Brahmana dari Bank Sumut KC. Sidikalang.


Pesta Budaya Njuah-njuah menjadi ajang yang tepat untuk menyatukan kebudayaan dan perekonomian lokal.


Dengan pendekatan kolaboratif, diharapkan UMKM di Dairi semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.


Penulis : Raden

Editor : Rudi