Iklan Header

Minggu, 19 November 2023, 19:01 WIB
Last Updated 2023-11-19T12:01:24Z
BasarnasMedanPelatihanPotensi SAR

Pembinaan SAR Community, Basarnas Medan Berkolaborasi Dengan Relawan Antisipasi Kebencanaan

Susana pelatihan potensi SAR (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Sebanyak 75 anggota Potensi SAR Reaksi mengikuti giat pembinaan SAR Community yang di selenggarakan Basarnas Medan.


Kegiatan bertujuan meningkatkan keterampilan dalam pertolongan pertama dan kolaborasi dengan relawan untuk mengantisipasi kebencanaan dan melindungi lingkungan hidup pesisir.


"Kami berharap nantinya apabila tim dari Reaksi terlibat dalam pelaksanaan operasi SAR, maka personel sudah memiliki kemampuan dasar di bidang pertolongan pertama," kata Kepala Kantor SAR Medan, Budiono, Minggu (19/11/2023).


Pembinaan potensi SAR itu digelar 18 November 2023 sampai dengan 19 November 2023.


Dilaksanakan di ruang rapat lantai 3 gedung Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan dan langsung di buka Budiono.


" Nantinya harapan kita para potensi semakin berani dan percaya diri jika suatu saat dibutuhkan guna mendukung pelaksanaan operasi SAR," tandasnya.


Pembinaan SAR Community ini berfokus pada peningkatan kemampuan anggota SAR Reaksi dalam teknik dasar pertolongan pertama, upaya mengantisipasi kebencanaan, serta melibatkan relawan dalam melindungi lingkungan hidup pesisir. 


Budiono mengatakan pentingnya para peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini. 


Hal ini mengingat kegiatan serupa di tahun depan belum tentu melibatkan Organisasi Reaksi yang sama. 


Sehingga para peserta diharapkan mampu mengimplementasikan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dan ketika terlibat dalam penanganan kondisi darurat.


Selama kegiatan, peserta dibekali dengan materi tentang pengenalan substansi Basarnas, Bantuan Hidup Dasar (BHD), Resusitasi Jantung Paru (RJP), Pemindahan Korban, dan Cedera alat gerak. 


Materi disampaikan baik dalam bentuk teori maupun praktek.


Di akhir kegiatan, seluruh peserta dinyatakan lulus dan mampu mengikuti seluruh kegiatan dengan baik. 


Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara pimpinan, instruktur, dan seluruh panitia yang terlibat dalam Pembinaan SAR Community.


Diharapkan ke depannya, pembinaan SAR Community ini dapat menjadi wahana untuk mempererat kolaborasi antara Basarnas Medan, relawan, dan masyarakat umum dalam mengantisipasi bencana. 


Penulis : Rudi

Editor : Son