Iklan Header

Selasa, 07 November 2023, 11:43 WIB
Last Updated 2023-11-08T04:46:17Z
budayaDairiGendang Guro-guro Aron

Panitia Gendang Guro-Guro Aron Bertemu Bupati Dairi, Wujud Pelestarian Budaya dan Pemersatu Masyarakat

Bupati Dairi berbincang dengan panitia gendang Guro-guro Aron. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, menerima audiensi dari Panitia Gendang Guro-Guro Aron Muda Mudi Tigalingga dengan tema "Mburo Ate Tedeh" pada Senin 6 November 2023 di Rumah Dinas Bupati Dairi, Kecamatan Sidikalang.

 

Dalam pertemuan tersebut, Bupati mengapresiasi panitia dan pihak yang terlibat dalam mempersiapkan dan mendukung pelaksanaan acara budaya yang rutin diadakan setiap tahun ini.


“Kecamatan Tigalingga terkenal rutin melaksanakan kegiatan ini. Semoga perayaannya berjalan lancar, masyarakat senang, dan semakin sejahtera. Saya sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini, dan kita harapkan dapat kita hadiri bersama-sama,” ucap bupati.


Eddy Berutu mengatakan bahwa Gendang Guro-Guro Aron merupakan pesta hiburan yang kaya akan makna, terutama dalam mempererat silaturahmi antar masyarakat.


Ia juga mengajak generasi muda dan jajaran pemerintah untuk aktif mendukung pelestarian budaya ini agar dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang.


“Pesta ini sudah diadakan secara turun temurun oleh muda-mudi Karo. Saya mengajak kita semua, para pemuda dan jajaran pemerintah untuk aktif dalam mendukung pelestarian budaya ini, sehingga dapat dinikmati hingga generasi-generasi selanjutnya,” katanya.


Kepala Desa Tigalingga, Perdinan Simamora, menjelaskan bahwa pelaksanaan Gendang Guro-Guro oleh pemuda Desa Tigalingga bertujuan untuk melestarikan budaya lokal, terutama Budaya Karo.


Selain itu, acara ini juga mempererat hubungan masyarakat Desa Tigalingga dan sekitarnya, menjalin silaturahmi dengan keluarga yang berada di luar kota, serta mempererat hubungan pemuda di wilayah tersebut.


Kedatangan Bupati dalam acara nantinya sangat dinantikan oleh masyarakat, terutama anak-anak di desa tersebut.


Mereka sudah melakukan berbagai persiapan dan latihan untuk menampilkan yang terbaik di hadapan Bupati.


“Untuk itu kami sangat mengharapkan kedatangan Bapak Bupati, karena banyak anak-anak di desa kami yang sangat ingin bertemu dengan Bapak Bupati. Mereka juga sudah latihan mempersiapkan yang terbaik, untuk dapat ditampilkan di hadapan Bapak,” ucapnya.


Selain itu, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Panitia Pembangunan GKPI Tigalingga, Camat Tigalingga Saut Sinaga, Anggota DPRD Kab. Dairi Charles Tamba, Kepala Bidang pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Efendi Berutu, dan perwakilan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Olahraga.


Penulis: Luhut

Editor : Rudi