Iklan Header

Sabtu, 04 November 2023, 11:46 WIB
Last Updated 2023-11-06T04:48:52Z
Aparatur Sipil NegaraBimbingan TehknisKaroTanda Tangan Elektronik

Modernisasi, Pemkab Karo Berlakukan Tanda Tangan Elektronik

Foto bersama peserta bimtek. (Foto/Istimewa).

KARO, Kabanjahe – nduma.id


Sekretaris Daerah, Drs. K. Terkelin Purba, M.Si membuka Bimbingan Teknis (bimtek) Penerapan Tanda Tangan Elektronik Bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo.


Harapannya dapat menjadi sarana pelatihan bagi peserta dalam meningkatkan kompetensi untuk mendukung optimalisasi penggunaan tanda tangan elektronik dalam pemerintahan.


Pelaksanaan bimtek yang digelar Kamis, 2 November 2023 ini bukan hanya melibatkan para ASN, tetapi juga menarik perhatian beberapa organisasi dan institusi yang ada di Kabupaten Karo.


Sekretaris Daerah, Terkelin Purba mengatakan dalam era globalisasi yang semakin pesat dan teknologi informasi terus berkembang, pemerintah Kabupaten Karo telah melaksanakan suatu langkah konstruktif dengan mengadopsi penerapan Tanda Tangan Elektronik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).


Menggunakan Tanda Tangan Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo diharapkan dapat melindungi informasi pemerintahan dari pencurian data, modifikasi data, pemalsuan data, dan penyangkalan terhadap data pemilik sertifikat elektronik.


Keterlibatan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam penyelenggaraan bimtek ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memastikan keamanan serta teknologi di lingkungan pemerintahan.


Terkelin Purba menekankan pentingnya adaptasi dan peningkatan pemahaman tentang teknologi yang ada dalam pemerintahan.


"Kita harus terus belajar dan meningkatkan pemahaman di tengah-tengah kemajuan teknologi saat ini. Namun perlu diingat bahwa sebagai ASN kita tetap memiliki kode etik yang harus dijaga. Jangan sampai kemajuan teknologi membawa dampak buruk bagi kita," tegas Sekretaris Daerah.


Bimtek ini menghadirkan narasumber kompeten dari Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia, seperti Meigananda Kartika Herdiana dan Carens Donabella, serta perwakilan dari Sekretariat Daerah Kabupaten Karo, Daut Sembiring, yang memberikan pelajaran tentang aplikasi dan penggunaan Tanda Tangan Elektronik secara efektif.


Berbagai inovasi dan kemajuan teknologi yang diimplementasikan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo, seperti penerapan Tanda Tangan Elektronik, menunjukkan langkah signifikan menuju modernisasi dan peningkatan efektivitas dan efisiensi.


Semoga dengan adanya bimtek ini dapat membantu para ASN dalam memahami teknologi dan penggunaan sistem yang tepat untuk menciptakan pelayanan yang optimal kepada masyarakat Kabupaten Karo.


Penulis : Raden

Editor : Rudi