Iklan Header

Rabu, 15 November 2023, 12:10 WIB
Last Updated 2023-11-21T05:12:32Z
Pakpak BharatPelatihanStstistik

Implementasi Otorisasi Statistik Sektoral di Kabupaten Pakpak Bharat

Penandatanganan data statistik Pakpak Bharat. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan otorisasi statistik sektoral guna meningkatkan kualitas data yang dihasilkan dan memudahkan aksesnya oleh pengguna data, Selasa 14 November 2023.


Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sahat Parulian Boangmanalu, S.Pd, MM, masih banyak sumber daya manusia yang belum memahami konsep, definisi, dan klasifikasi yang digunakan dalam statistik.


Hal ini menjadi alasan pentingnya penyelenggaraan kegiatan sosialisasi statistik sektoral untuk menciptakan ketersediaan data yang berkualitas.

 

“Maka untuk itu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pakpak Bharat sebagai walidata Kabupaten perlu melaksanakan kegiatan sosialisasi statistik sektoral untuk mewujudkan ketersediaan data yang berkualitas dan mudah untuk diakses oleh pengguna data,” katanya.


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor juga menekankan pentingnya data yang akurat sebagai dasar dalam merumuskan kebijakan pembangunan.


Data yang akurat dibutuhkan dalam segala aspek, baik pendidikan, infrastruktur, kesehatan, ekonomi, dan lainnya.


Namun, menurut Bupati, data yang telah tersedia masih perlu disusun dan dikelola dengan baik, meskipun sejak awal Kabupaten Pakpak Bharat belum memiliki data yang tersusun rapi.


Oleh karena itu, sosialisasi ini diharapkan dapat membangun sebuah basis data yang dapat menjadi acuan bagi instansi daerah dalam tata kelola data.


“Data ini begitu penting, yang harus kita susun sedemikian rupa, sehingga mampu memenuhi kebutuhan kita akan ketersedian sebuah informasi yang penting dan akurat,” kata bupati dalam Sambutan tertulisnya.


Sosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, terpadu, dan mudah diakses dan dibagikan.


Selain itu, juga mendorong terciptanya keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang dapat diandalkan berbasis pada data.


Kegiatan ini melibatkan Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Pakpak Bharat beserta beberapa jajarannya sebagai pemateri dan narasumber.


Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Satu Data Indonesia Kabupaten Pakpak Bharat oleh seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.


Melalui penyelenggaraan sosialisasi otorisasi statistik sektoral ini diharapkan dapat membangun kesadaran akan pentingnya data yang berkualitas.


Kabupaten Pakpak Bharat telah menunjukkan langkah konkrit dalam menyusun, mengelola, dan memanfaatkan data untuk kemajuan bersama.


Penulis : Rudi

Editor : Son