Iklan Header

Selasa, 07 November 2023, 11:31 WIB
Last Updated 2023-11-08T04:34:46Z
Aquabike World ChampionshipDairiDanau TobaPelabuhan

Dukung Event World Aquabike 2023, Pelabuhan Silalahi Bakal Dioperasikan

Pelabuhan Silalahi. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Silahisabungan – nduma.id


Seiring dengan persiapan penyelenggaraan event Aquabike World Championship 2023 di Tao Silalahi pada 23 November 2023, pelabuhan penyeberangan Silalahi di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan juga mempersiapkan fasilitasnya.


Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu, mengharapkan pelabuhan ini akan segera beroperasi sebagai dukungan arus transportasi pengunjung yang akan hadir dalam perhelatan internasional tersebut.


"Pelabuhan sudah siap dioperasikan. Dari hasil diskusi dengan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba, Rijaya S dan jajaran, kita ingin pelabuhan sudah diresmikan sebelum Aquabike digelar," ujar Bupati Eddy Berutu saat kunjungan ke dermaga tersebut Senin (6/11/2023).


Dalam rangka mendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Danau Toba, pembangunan dermaga ini merupakan wujud tekad Pemerintah Kabupaten Dairi dalam membangun sektor perhubungan yang bersumber dari APBN Tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp12,3 miliar.

 

Proyek pembangunan dermaga ini dimulai sejak 2021 oleh Kementerian Perhubungan.


Eddy juga meminta perhatian terhadap fasilitas penunjang pariwisata dan peluang ekonomi masyarakat seperti UMKM yang berada di Kecamatan Silahisabungan.


Diharapkan dengan pembangunan pelabuhan penyeberangan Silalahi ini akan berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di kawasan Danau Toba serta menggenjot jumlah kunjungan wisatawan ke Silalahi.


Penulis: Luhut

Editor : Rudi