Iklan Header

Rabu, 15 November 2023, 12:20 WIB
Last Updated 2023-11-18T05:26:26Z
DairiPelantikanPendidikanSMA

Bupati Dairi Kukuhkan Satgas Sekolah Bersih Narkoba di Wilayah IV Sumut

Foto bersama usai pengukuhan. (Foto/Istimewa).

Dairi, Sidikalang – nduma.id


Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Asren Nasution melaksanakan pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) Sekolah Bersih Narkoba di SMK Negeri 1 Sidikalang, Selasa 14 November 2023.


Satgas ini meliputi Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, dan Kabupaten Karo, dalam upaya pencegahan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba serta kekerasan di lingkungan sekolah.


Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa pengukuhan Satgas ini merupakan langkah yang sangat tepat dalam menyelamatkan generasi bangsa dan sejalan dengan Permendikbud Ristek No. 46 yang mengatur tentang pencegahan dan penanganan kekerasan dalam lingkungan satuan pendidikan di Indonesia.


"Data BNN menyebut tingkat kerugian ekonomi dan kematian yang tinggi akibat narkoba setiap harinya semakin meningkat," ujarnya.


Disebutkan Bupati, Sumatera Utara menjadi daerah dengan angka kasus narkoba yang tinggi, yakni 1,5 juta dari sekitar 3,5 juta kasus di Indonesia.


Berdasarkan data ini, hampir 10% penduduk Sumatera Utara terpapar narkoba.


Oleh karena itu, Bupati menilai bahwa melaksanakan pencegahan dari lingkungan sekolah merupakan langkah yang tepat.


Bupati Dairi berpesan agar anggota satgas bekerja dengan bersungguh-sungguh dan menjaga lingkungan sekolah dalam pencegahan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba serta tindak kekerasan di lingkungan sekolah sebagai perwujudan visi kedua Pemerintah Kabupaten Dairi, yaitu membangun kualitas sumber daya masyarakat kabupaten Dairi yang cerdas, sehat, berbudaya, dan berdaya saing.


Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Dr. H. Asren Nasution, menyampaikan bahwa pihaknya siap menindaklanjuti arahan Bupati Dairi dalam upaya memerangi narkoba, khususnya di kalangan pelajar.


Acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh perwakilan Kapolres Dairi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, Kepala BNN Karo, dan para undangan.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi