Iklan Header

Kamis, 16 November 2023, 12:49 WIB
Last Updated 2023-11-18T05:51:32Z
DairiPemilih PemulaPemilu 2024Pendidikan

Bupati Dairi Ajak Pemilih Pemula Tingkatkan Pemahaman Politik

Foto bersama usai pendididkan pemilih pemula. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menekankan pentingnya pendidikan politik bagi pemilih pemula dalam upaya meningkatkan kualitas Pemilu.


Hal ini disampaikan dalam sosialisasi pendidikan politik, pengembangan etika dan budaya bagi masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol di Balai Budaya Sidikalang, Rabu 15 November 2023.


Dalam sosialisasi pendidikan politik itu, Bupati mengajak peserta untuk membangun persepsi yang sama tentang pentingnya tahun politik yang berkembang dalam proses Pemilu mendatang.


“Partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu mendatang sangat mempengaruhi kualitas Pemilu. Sebab semakin banyak atau tingginya partisipasi warga menggunakan hak pilihnya maka semakin berkualitas Pemilu yang dilaksanakan lima tahun sekali ini,” kata  Eddy.


Menurut Bupati, kegiatan ini merupakan kewajiban pemerintah dalam menjalankan demokrasi sesuai amanat Mendagri tentang pedoman dan fasilitasi pendidikan politik.


Namun, yang lebih penting adalah para pemilih harus cerdas dalam menentukan pilihannya karena menentukan masa depan bangsa Indonesia.


"Kalau kita salah pilih, butuh waktu lama menunggu pemilihan berikutnya," kata Bupati Dairi.


Kegiatan ini menghadirkan Komisioner KPU Aryanto Tinendung sebagai narasumber dan dihadiri oleh para tokoh masyarakat, perwakilan kecamatan, serta para pelajar SMA sederajat sebagai pemilih pemula.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi