Iklan Header

Senin, 20 November 2023, 16:46 WIB
Last Updated 2023-11-20T09:49:55Z
Beasiswa BerprestasiOpiniPakpak Bharat

Beasiswa Berprestasi Dari Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat

Nurul Husna Tumanggor. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT - nduma.id

Oleh : Nurul Husna Tumanggor


Pakpak Bharat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.


Kabupaten Pakpak Bharat sendiri merupakan pemekaran dari Kabupaten Dairi, dan baru

berdiri pada tanggal 28 Juli 2003. (dikutip dari SPPE-Pakpak Bharat).


Kabupaten Pakpak Bharat masih tergolong muda dan perlu banyak pembenahan serta upaya untuk meningkatkan SDM yang lebih baik demi terciptanya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat.


Salah satu fokus utama Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam meningkatkan kualitas

SDM di Kabupaten Pakpak Bharat adalah melalui bidang pendidikan.


Kepedulian Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dengan pendidikan di Pakpak Bharat diwujudkan melalui pemberian ‘Beasiswa Berprestasi’ bagi Siswa/i dan Mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan baik di Sekolah Menengah Atas Unggulan maupun Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia.


Beasiswa berprestasi ini diperuntukan kepada siapa saja putra/putri pakpak yang ingin melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Unggulan atau Perguruan Tinggi Negeri dengan memenuhi persyaratan yang sesuai dengan Perbup Pakpak Bharat No. 33 Tahun 2022 tentang beasiswa.


Berdasarkan Perbup No.33 Tahun 2022 pasal 2 tujuan diberikannya beasiswa berprestasi ini adalah untuk memberikan penghargaan dan membantu pembiayaan pemuda pelajar dalam menempuh Pendidikan. (dikutip dari JDIH Kab.Pakpak Bharat).


“Pemberian Beasiswa ini diharapkan dapat memacu semangat belajar para mahasiswa sehingga dapat meningkatkan nilai akademik maupun di bidang non akademik lainnya, yang tentunya akan bermuara pada meningkatnya kualitas sumber daya manusia Pakpak Bharat seperti yang kita harapkan,” kata Franc. Rabu (11/10/2023). (dikutip dari nduma.id 13 Oktober 2023).


Lalu bagaimana tanggapan mahasiswa/i yang menerima beasiswa berprestasi ?


Saya Nurul Tumanggor selaku penerima beasiswa berprestasi dari pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat merasa terbantu dengan adanya beasiswa berprestasi ini.


Karena beasiswa berprestasi ini Saya bisa menempuh Pendidikan S-1 Program Studi Ilmu Pemerintahan di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sekarang ini.


Beberapa waktu yang lalu Saya juga telah melakukan wawancara virtual dengan beberapa teman saya yang juga menerima Beasiswa Berprestasi, yaitu A.Tarigan, M. L Habeahan dan D. Manik terkait bagaimana tanggapan mereka sebagai mahasiswa/i yang juga menerima bantuan “Beasiswa Berprestasi” dari Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.


“Saya benar-benar terbantu dengan adanya beasiswa berprestasi dari Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dan Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan beasiswa ini, karena beasiswa ini bisa meringankan biaya perkuliahan Saya, dan tanpa beasiswa ini mungkin Saya tidak bisa melanjutkan pendidikan di tempat saya berkuliah sekarang (Universitas Jambi.red)”, ujar D. Manik dalam wawancara virtual Senin (13/11/2023).


“Menurut Saya beasiswa ini sangat membantu, karena dapat membantu kelancaran proses belajar Siswa Berprestasi dan mahasiswa berprestasi dalam menempuh pendidikan. Selain membantu dalam segi ekonominya atau pembayarannya juga membantu mengasah kemampuan keterampilan dan pengetahuan penerimanya, karena seperti yang kita tau ya, bahwa ada ketentuan dari beasiswa berprestasi ini untuk IPK kita itu harus di atas 3,0. Jadi untuk mempertahankan beasiswa berprestasi dari Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat otomatis mahasiswa harus meningkatkan keterampilan dan kemampuannya agar IPK kita bisa memenuhi standar sesuai yang ditetapkan dalam Perbup No.33 Tahun 2022”, ujar M.L Habeahan dalam wawancara virtual Senin (13/11/2023).


“Kalau dari Saya sendiri ya, Saya merasa sangat terbantu dengan beasiswa berprestasi ini karena dengan adanya beasiswa ini membantu meringankan biaya kuliah Saya,” ujar A.Tarigan dalam wawancara virtual Senin (13/11/2023).


Namun, beasiswa berprestasi ini tidaklah kami dapatkan dengan instan, karena ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus kami penuhi sesuai dengan Perbup Pakpak Bharat No. 33 Tahun 2022 tentang Beasiswa.


Salah satu persyaratan yang harus kami penuhi untuk mendapatkan “Beasiswa Berprestasi” ini adalah Indek Prestasi (IP) yang dicapai setiap mahasiswa/i haruslah sesuai dengan yang ditetapkan dalam Perbup Pakpak Bharat No. 33 Tahun 2022.


Sebagaimana ditulis oleh Luhut dikutip dari nduma.id bahwa pada tahap awal di semester pertama Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat memberikan beasiswa kepada 455 orang mahasiswa berprestasi.


Jadi, saran Saya kepada teman-teman mahasiswa/I yang sudah diberikan akses untuk melanjutkan pendidikan melalui beasiswa haruslah benar-benar menjalani perkuliahan.


Agar apa yang dicita-citakan pemerintah untuk memperbaiki kualitas SDM bisa tercapai.


itulah mengapa pentingnya masyarakat dan pemerintah harus bekerjasama demi terciptanya kesejahteraan bersama.


Kata penutup dari saya, bersama kita bangun Pendidikan di Indonesia untuk memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lebih baik lagi.


Wassalam.


Penulis adalah Mahasiswi Ilmu Pemerintahan di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi


(Redaktur : Rudi/nduma.id).