Iklan Header

Senin, 20 November 2023, 17:56 WIB
Last Updated 2023-11-20T10:56:57Z
Aquabike Jetski World ChampionshipDairi

Aquabike Jetski World Championship, Explore UMKM dan Budaya Lokal Dairi

Ulos tenun Silalahi. (Foto/Istimewa). 

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Aquabike Jetski World Championship Lake Toba akan menjadi acara yang spektakuler dan hadir dengan berbagai sisi menarik.


Pemkab Dairi tidak hanya fokus pada gelaran utama tapi juga akan menyiapkan beberapa acara dan side event yang akan semakin meriahkan acara ini.


Salah satu sorotan dari event Aquabike Jetski World Championship Lake Toba adalah hadirnya UMKM dan atraksi budaya Lokal.


Pada event ini akan hadir Festival kuliner dan festival UMKM dengan beragam makanan khas Pakpak dan Nasional.


Selain itu, juga akan ada beragam kerajinan khas Pakpak dan kerajinan tangan lainnya yang diproduksi oleh UMKM Dairi.


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan bahwa fokus lainnya adalah promosi Ulos Silalahi.


Ulos Silalahi adalah tenun khas Pakpak yang memiliki 15 motif dipengaruhi oleh 4 etnik, yaitu Pakpak, Toba, Karo, dan Simalungun, yang menjadikan warna dan corak ulos Silahisabungan unik dan khas.


Ulos Silalahi biasanya dihasilkan dan digunakan dalam acara adat, namun saat ini telah dikembangkan menjadi produk fashion ramah lingkungan seperti baju serta diversifikasi lain seperti tas.


“Salah satu fokus kita yang akan kita hadirkan adalah Ulos Silalahi. Seperti kita tahu, tenun ulos Silalahi memiliki 15 motif dan dipengaruhi 4 kultur yaitu Pakpak, Toba, Karo, dan Simalungun. Perpaduan 4 kultur ini menjadikan warna dan corak ulos Silahisabungan berbeda dan unik,”  kata bupati, Senin (20/11/2023).


Selama acara, Ulos Silalahi juga akan dicantumkan ke dalam sebuah fashion show oleh perancang nasional Merdi Sihombing.


Akan ada pameran Ulos Silalahi bertajuk “The Journey of Batak Cloth and Clothing by Merdi Sihombing” yang akan memamerkan beragam produk diversifikasi dari tenun Ulos Silalahi, termasuk sepatu berbahan tenun ulos Silalahi dengan brand Aur yang ramah lingkungan.


Selain itu, acara ini juga akan menampilkan penampilan atraksi budaya dan musik dari 1.500 siswa Dairi yang akan menampilkan Tari Cawan, dengan harapan masuk rekor MURI untuk penari Cawan terbanyak.


Malamnya, akan ada penampilan dari penyanyi lokal dan nasional untuk menambah semarak acara.


“Malamnya akan ada penampilan dari penyanyi lokal dan nasional,” sebut Bupati.


Event Aquabike Jetski World Championship Lake Toba ini adalah dinilai sebuah kesempatan langka bagi Dairi dan masyarakat Sumatera Utara untuk menunjukkan keramahan dan keramahtamahannya.


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu meminta masyarakat Dairi untuk sama-sama menyukseskan acara ini dengan baik, menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi peserta ataupun wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan dari seluruh dunia.


“Saya berharap dan mengajak masyarakat Dairi untuk menunjukkan keramahtamahan kita kepada wisatawan dari daerah lain dan juga kepada para pembalap dunia yang datang dari 22 negara,” tandas Eddy Berutu.


Dia juga berharap, kebersihan sekitar Tao Silalahi tetap terjaga selama acara berlangsung.


Kita semua bisa menunjukkan keberagaman kita secara harmonis dalam event ini dengan cara tertib, ramah, dan terutama menjaga kebersihan area sekitar Tao Silalahi.


Mari berpartisipasi dalam acara ini dan berikan pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan bagi para peserta dan wisatawan!


“Jangan buang sampah sembarangan dan jangan meninggalkan kekotoran di Silalahi. Silalahi milik kita semua dan harus kita jaga dengan baik,” ucapnya.


Penulis : Rudi

Editor : Son