Iklan Header

Kamis, 02 November 2023, 11:46 WIB
Last Updated 2023-11-03T05:10:18Z
Aquabike Jetski World Championship 2023DairiDanau TobaOlahragaPariwisata

Aquabike Jetski World Championship 2023, Peluang Emas Pasarkan Potensi Dairi

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship Lake Toba pada 22 November 2023 sampai - 26 November 2023 mendatang.


Di balik event olahraga ini, dinilai menjadi peluang emas Kabupaten Dairi menjual berbagai potensinya, seperti promosi wisata, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta potensi daerah dalam bidang pariwisata, pendidikan dan pelayanan kesehatan.


“Ini ajang promosi potensi Kabupaten Dairi,” kata Bupati, Senin (1/11/2023).


Aquabike Jetski World Championship Lake Toba, salah satu olahraga tercepat dan menghibur di atas air ini pun di yakini menjadi kesempatan untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah, khususnya di Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, yang menjadi unggulan pariwisata.


Mengoptimalkan penyelenggaraan Aquabike, Pemkab Dairi sudah menyiapkan fasilitas di kawasan Tao Silalahi seperti dermaga internasional, Rumah Tanggal Silalahi, dan Pusat Sentra Industri Tenun.


Selain pariwisata, ajang Aquabike Jetski World Championship juga menjadi sarana promosi UMKM Kabupaten Dairi, yang terus digenjot melalui berbagai program peningkatan kualitas produk dan pemasaran.


Dilakukan berbagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar seperti alokasi anggaran untuk revitalisasi Pasar Rakyat, kegiatan Bazz day UMKM Go Dairi, pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), serta program inkubasi bisnis bekerja sama dengan PT. Bank Mestika Dharma, Tbk.


Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, menambahkan bahwa kejuaraan ini juga menjadi kesempatan untuk menggencarkan upaya pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) bagi masyarakat Dairi dalam bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan kebebasan beragama.


Menurut bupati, salah satu potensi Dairi adalah keberagaman.


“Itulah sebabnya, dalam visi pembangunan yang saya canangkan yakni Dairi Unggul, adalah menyejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman,” ujar Eddy Berutu, Rabu (1/11/2023).


Meski terdiri dari beragam suku, agama, dan latar belakang, selama ini masyarakat Dairi hidup dalam keharmonisan, gotong royong, dan bergerak bersama.


Yang lebih utama, kata Bupati, Pemkab Dairi terus mendorong pemenuhan kebutuhan Hak Asasi Manusia (HAM) masyarakat tanpa melihat perbedaan.


Pemenuhan HAM itu terutama dilakukan dalam pemenuhan hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan kebebasan beragama.


Diharapkan, Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023 akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Dairi dan dapat membuka mata dunia tentang potensi luar biasa yang dimiliki kabupaten ini dalam berbagai bidang.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi