Iklan Header

Rabu, 01 November 2023, 08:46 WIB
Last Updated 2023-11-03T01:47:16Z
Aquabike Jetski World Championship 2023Danau TobaKaroPariwisata

Aquabike Jetski World Championship 2023, Momentum Pemberdayaan Ekonomi dan Pariwisata Karo

Bupati Karo bersama bupati penyelenggara Aquabike Jetski World Championship 2023. (Foto/Istimewa).

KARO, Kabanjahe - nduma.id


Kabupaten Karo akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship Danau Toba 2023.


Event ini diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian daerah, menjadi wadah bagi pelaku UMKM memperluas peluang usaha, serta memperkuat promosi dan pengembangan pariwisata.


Sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan, Kabupaten Karo bersiap untuk mengoptimalkan momen bersejarah ini dalam menggerakkan roda perekonomian daerah dan mengembangkan sektor pariwisata.


Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, menyampaikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan event ini serta berkomitmen untuk bersinergi secara aktif dengan panitia penyelenggara.


"Kita mendukung penyelenggaraan event ini untuk meningkatkan dampak ekonomi dan membangun pariwisata di Danau Toba,” ujar bupati di Jakarta, Selasa (31/11/2023).


Hal ini sejalan dengan visi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, bahwa event Aquabike Jetski World Championship 2023 diharapkan mampu memberikan dukungan promosi yang tak terhingga terhadap perekonomian Indonesia, khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah Danau Toba.


“Setelah diselenggarakan di 40 negara, sekarang saatnya dunia untuk melihat budaya dan keunikan Toba melalui penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023. Kehadiran event ini memberikan dukungan promosi yang tak terhingga kepada perekonomian Indonesia khususnya bagi masyarakat sekitar wilayah Danau Toba” ujar Sandiaga Uno.


Aquabike Jetski World Championship Danau Toba akan di gelar pada 22 November 2023 sampai 26 November 2023.


Event ini menjadi ajang kejuaraan balap air dunia kedua yang diselenggarakan di Danau Toba, setelah F1 Powerboat World Championship yang digelar Februari 2023 lalu.


Aquabike Jetski World Championship 2023 ini akan diselenggarakan di 4 kabupaten yang ada di sekitar Danau Toba, yakni Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Toba


Salah satu strategi yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten Karo adalah pemberdayaan pelaku UMKM di wilayah Danau Toba.


Sebagai wadah untuk memperluas peluang usaha.


Keikutsertaan Kabupaten Karo dalam event ini diharapkan akan memberikan peluang lebih besar bagi pelaku usaha lokal dalam mempromosikan produk dan jasa mereka kepada pengunjung domestik dan internasional.


Selain itu, penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba juga menawarkan kesempatan untuk memperkenalkan keunikan dan keindahan pariwisata di Kabupaten Karo kepada dunia.


Kegiatan ini akan menjadi ajang promosi bagi destinasi-destinasi wisata unggulan di daerah tersebut, serta potensi pariwisata yang belum tergarap secara optimal.


Kesuksesan penyelenggaraan event Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba akan menjadi tonggak sejarah bagi masyarakat sekitar wilayah Danau Toba, termasuk Kabupaten Karo.


Oleh karena itu, kerjasama dan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku usaha menjadi kunci utama untuk menghadirkan dampak ekonomi dan pariwisata yang nyata bagi wilayah ini.


Para pihak terkait termasuk Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Serta Pariwisata, Munarta Ginting, dan Kepala Bappedalitbang, Nasib Sianturi, juga mendukung penyelenggaraan event ini dan akan berupaya keras guna menjaga keberlanjutan pengembangan wisata dan ekonomi di Kabupaten Karo.


Penulis : Raden

Editor : Rudi