Iklan Header

Minggu, 29 Oktober 2023, 23:40 WIB
Last Updated 2023-10-29T17:32:05Z
GiziKaroLomba Pangan

Pameran Pangan Lokal B2SA 2023 Sukses Digelar di Kabupaten Karo

Dewan juri menilai lomba. (Foto/Istimewa).

KARO, Kabanjahe – nduma.id


Perlombaan Pameran Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) 2023 di Kabupaten Karo sukses di gelar, Jumat 27 Oktober 2023.


Acara yang di gelar di Jambur Pemerintah Kabupaten Karo, Jalan Veteran Kabanjahe ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Drs. Dapat Kita Sinulingga.


“Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya memanfaatkan sumber daya pangan lokal yang beraneka ragam, bukan hanya mengandalkan beras sebagai bahan pokok,” kata Sekda.


Lomba ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi pangan olahan lokal, sekaligus memberikan informasi mengenai potensi sumber karbohidrat non-beras seperti jagung, umbi-umbian, sagu, dan lainnya.


Peserta lomba terdiri dari PKK desa yang mewakili 17 Kecamatan di Kabupaten Karo.


Penilaian lomba dilakukan oleh dewan juri yang beranggotakan Ny. Vera Rika Theopilus Ginting (Ketua TP-PKK Kab. Karo), Victoria Elisabeth Hulu, SKM (Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara), Drh. Verysoni Karo-karo (Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Karo), Agustina Perangin- angin, SKM, M.Kes (Dinas Kesehatan Kab. Karo), dan Dikson Pelawi (Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kab. Karo).


Hasil dari perlombaan ini menempatkan Kecamatan Merek sebagai juara 1, Kecamatan Merdeka sebagai juara 2, Kecamatan Namanteran sebagai juara 3.


Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Kecamatan Simpang Empat, juara harapan 2 oleh Kecamatan Barusjahe, dan juara harapan 3 oleh Kecamatan Kabanjahe.


Penulis : Raden

Editor : Rudi