Iklan Header

Kamis, 05 Oktober 2023, 07:01 WIB
Last Updated 2023-10-05T00:01:32Z
Anugerah Kebudayaan IndonesiaMaestro Seni TradisiSiantar

Siantar Dukung Oppung Raminah Garingging Penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023

Oppung Raminah Garingging saat menari tor-tor bersama anak sanggarnya. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mendukung Oppung Raminah Garingging yang diusulkan sebagai calon penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi.


Rabu 4 Oktober 2023, tim Verifikasi AKI 2023 Kàtegori Maestro Seni Tradisi sudah melakukan peninjauan dan uji data terhadap usulan dan pengajuan Opung Raminah Garingging.


Bertempat di aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Jalan Merdeka.


Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar Rudolf Barmen Manurung MPd menyampaikan, walau di usia yang tidak lagi muda, Oppung Raminah dinilai setia dalam melatih Tor Tor dan menceritakan budaya Simalungun.


Oppung yang kini berusia 89 tahun itu masih terus aktif membimbing generasi muda melalui sanggar dan berbagai sekolah.


Ia juga terlibat dalam berbagai kegiatan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, baik Dinas Pariwisata, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, hingga mendapat perhatian khusus dari dr Susanti.


"Orang tua kategori lansia biasanya yang sudah memasuki masa pensiun, sudah lebih banyak istirahat di rumah. Tetapi Oppung Raminah Garingging masih mau berbagi untuk generasi muda dan terus bekerja serta berkarya," sebutnya.


Sementara itu, Tim Verifikasi AKI Tahun 2023, Liza Manullang menyampaikan  pengumuman dan penyerahan gelar AKI Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi akan dilaksanakan di Jakarta, 27 Oktober 2023 mendatang.


Ia bersama tim mengaku merasa senang atas semangat para pelajar berlatih tarian.


"Generasi-generasi penerus yang diharapkan terus berlatih dan mengikuti semangat dari Oppung Raminah Garingging dalam mewariskan budaya Simalungun," sebut Liza Manullang.


Liza menambahkan, untuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hanya ada 2 tokoh sebagai calon penerima AKI, yakni dari Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Samosir.


"Kita mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar Oppung Raminah Boru Garingging menjadi penerima AKI anugerah Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi," tuturnya.


 Acara di warnai dengan penyerahkan seperangkat pakaian adat Simalungun dan Buku Maestro Tari Simalungun Oppung Raminah Garingging kepada Tim Verifikasi AKI Tahun 2023


Tari yang ditampilkan dalam uji data tersebut yakni Tor Tor Sombah, Tor Tor Sitalasari, Tor Tor Nanggur Daha (Burung Garuda), Tor Tor Imbou Manibung, Tor Tor Haroan Bolon (SMA Kartika), dan performance tunggal Tor Tor Balang Sahua dari Oppung Raminah Garingging.


 Penulis : Ari

Editor : Rudi