Iklan Header

Selasa, 24 Oktober 2023, 23:12 WIB
Last Updated 2023-10-24T16:12:17Z
Cuaca ExtrimJembatan PutusTaput

Respons Cepat Bupati Taput Terhadap Bencana Putusnya Jembatan Rambing

Bupati Tapanuli Utara, Dr. Drs. Nikson Nababan berkoordinasi di lokasi jembatan putus. (Foto/Istimewa).

TAPUT, Siatas Barita –nduma.id


Bupati Tapanuli Utara, Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si, meninjau langsung dampak bencana putusnya Jembatan Rambing di Desa Siraja Hutagalung, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Senin, 23 Oktober 2023.


Peninjauan ini dilakukan setelah kejadian bencana pada Minggu, 22 Oktober 2023, pukul 14.00 WIB.


Bupati didampingi oleh Kepala Badan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taput Bonggas Pasaribu, Kadis PUTR Taput Dalan Simanjuntak, dan Camat Siatas Barita Elianto Sitompul.


Jembatan Rambing, dengan panjang sekitar 100 meter ini telah berusia 15 tahun dan merupakan akses utama masyarakat, terutama para pelajar.


Akibat bencana ini, jembatan ditutup sementara dan jalur akses dialihkan melalui Desa Parbubu Pea dan Desa Hutagalung Harean.


Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, menegaskan pentingnya penanganan bencana ini secara cepat dan efisien.


Ia menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Taput agar segera memperbaiki jembatan tersebut dalam waktu satu minggu.


"Saya instruksikan Dinas PUTR Taput bahwa dalam minggu ini jembatan ini harus selesai diperbaiki dan dapat digunakan kembali oleh warga sehingga aktivitas masyarakat kembali normal," tegas Bupati Nikson Nababan.


Respons cepat Bupati Taput ini menunjukkan perhatian dan kepedulian pemerintah daerah terhadap kesejahteraan masyarakat yang terdampak bencana.


Dengan penanganan yang efektif dan efisien, diharapkan aktivitas masyarakat khususnya anak sekolah segera kembali normal dan akses transportasi di wilayah tersebut dapat terpenuhi.


Penulis : Tulus

Editor : Rudi