Iklan Header

Minggu, 29 Oktober 2023, 12:48 WIB
Last Updated 2023-10-29T05:48:09Z
Persatuan dan kesatuanSiantarSumpah Pemuda

Refleksi Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 di Polres Pematang Siantar

Suasana upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Polres Siantar. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Sebuah peristiwa yang tidak hanya dirayakan sebagai formalitas, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 di lapangan apel Polres Pematang Siantar. mengajarkan kita pentingnya mengambil hikmah dari perjuangan para pemuda yang telah mencapai kemerdekaan Indonesia.


Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 dengan tema "Bersama Majukan Indonesia" dihadiri seluruh personil Polres, dipimpin oleh Kapolres AKBP Yogen Heroes Baruno.


Dalam sambutannya Kapolres mengajak seluruh anggota Polres untuk mengambil hikmah dari perjuangan para pemuda dalam mencapai kemerdekaan dan melaksanakan rasa persatuan dalam lingkup Polres Pematang Siantar.


Dia menyampaikan dalam menyikapi makna dari hari sumpah pemuda itu intinya adalah bahwa dulu perjuangan para pemuda dalam membantu persiapan menuju kemerdekaan Indonesia patut kita teladani karena berawal dari gerakan pemuda yang terkotak-kotak yang terpisah-pisah.


Kemudian seluruh Anak Bangsa pada saat itu bersatu dari berbagai macam golongan suku pulau sehingga menjadi suatu kekuatan yang kemudian 17 tahun kemudian membuat suatu momen bersejarah dimana kita bisa memproklamasikan kemerdekaan Negara Indonesia yang inti dari perjuangan pemuda sampai sekarang.


“Untuk itu yang bisa kita ambil adalah bagaimana rasa persatuan tersebut” kata Kapolres.


Rasa persatuan di maksud adalah, dengan tidak memandang latar belakang apapun, kita mampu mewujudkan mimpi kita cita-cita meski terdiri dari berbagai latar belakang suku, seperti Batak dan Jawa, Polres Pematang Siantar harus tetap bersatu untuk mewujudkan kamtibmas, pelayanan masyarakat, dan penegakan hukum yang positif di Kota Pematangsiantar.


Kapolres menyampaikan bahwa rasa persatuan yang dibangun para pemuda dalam upaya mencapai kemerdekaan Indonesia patut menjadi teladan bagi semua.


Kapolres juga menghimbau agar Hari Sumpah Pemuda tidak hanya dianggap sebagai formalitas, melainkan menjadi momentum untuk meresapi perjuangan para pendahulu yang berhasil menghadiahkan kemerdekaan bagi Indonesia.


Peringatan ini harus menjadi pengingat akan arti penting persatuan dan semangat positif yang harus diwujudkan oleh anggota Polres Pematang Siantar dalam pelayanan kepada masyarakat.


Dengan mengambil pelajaran dari sejarah, semoga seluruh anggota Polres Pematang Siantar dapat menerapkan rasa persatuan dan menginspirasi masyarakat untuk bersama-sama maju dalam menciptakan Indonesia yang lebih baik.


Penulis: Ari

Editor : Rudi