Iklan Header

Rabu, 25 Oktober 2023, 08:22 WIB
Last Updated 2023-10-26T01:25:47Z
Kuil Shri Dhurga Devi AlayamNavaratriPolisiSiantar

Ratusan Jemaat Rayakan Navaratri 2023 di Kuil Shri Dhurga Devi Alayam Siantar

Arak-arakan Jemaat dari Kuil Shri Dhurga Devi Alayam. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Ratusan jemaat merayakan Navaratri 2023 di Kuil Shri Dhurga Devi Alayam, Kota Pematang Siantar, Rabu 24 Oktober 2023.

 

Kegiatan tersebut berlangsung aman dan kondusif di kawal oleh petugas polisi dari Polres Pematang Siantar bersama Polsek Siantar Timur.


Navaratri adalah perayaan umat Hindu Dharma yang memperingati kemenangan Diva Wali, dirayakan setiap tahunnya pada bulan Oktober oleh Suku Tamil Malialem.


Perayaan tersebut diikuti oleh sekitar 100 orang dari kalangan dewasa, ibu-ibu, dan anak-anak, yang dipimpin oleh Pandita Pijai Krisna.


Rajes Kumar, Wakil Ketua Kuil, bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan.


“Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan suasana kekeluargaan dalam keadaan aman dan kondusif,” kata Kapolsek Siantar Timur IPTU Jon H. Purba SH.


Dikatakan pengamanan dimulai dari sembahyang di kuil, dilanjutkan dengan arak-arakan (kompoi) yang membawa dan memundak arca Dewi, diiringi musik gendang dan tarian. Rute arak-arakan berlangsung dari Kuil Shri Dhurga Devi Alayam menuju Jalan Pattimura, Jalan. Siatas Barita, kembali ke Jalan. Pattimura, lalu menuju Simpang 5 untuk sembahyang membakar Asura sekitar satu jam.


Acara berakhir di tanah kosong Gudang Sapu Lidi, dekat Kantor Camat Siantar Timur Jalan. Pattimura Ujung, dan pelaksanaan kembali ke Kuil Shri Dhurga Devi Alayam.


Penulis: Ari

Editor : Rudi