Iklan Header

Selasa, 31 Oktober 2023, 22:01 WIB
Last Updated 2023-11-01T01:19:21Z
TaputTop 10 Program I-Sim For Regencies 2023

"Deg-deg kan", Program “PANGDAM” di Taput Tunggu Hasil Akhir Top 10 Program I-Sim For Regencies 2023

Bupati Taput di acara Top 10 Program I-Sim For Regencies 2023. (Foto/Istimewa).

Taput – nduma.id


Kabupaten Tapanuli Utara menjadi salah satu nominasi 10 besar dari 103 kabupaten dalam Program I-Sim For Regencies 2023, dengan program unggulan PANGDAM, yang mengolah lahan tidur dan kurang produktif secara gratis menggunakan mekanisasi.


Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si tampak menghadiri acara penjurian akhir Top 10 Kabupaten Program I-Sim For Regencies 2023 itu, bertempat di Graha Surveyor Indonesia, Senin 30 Oktober 2023.


Program ini bertujuan meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tapanuli Utara.


Nikson menjelaskan Program unggulan PANGDAM yang disampaikan adalah Program pengolahan lahan gratis dengan mekanisasi, yang untuk mengolah lahan tidur atau kurang produktif yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara, serta memberikan kemudahan kepada petani yang memiliki lahan maksimal 2 hektar dengan sistem pengolahan 3 kali olah, yaitu 2 kali bajak dan 1 kali router.


“Program unggulan yang saya sampaikan adalah Program PANGDAM yaitu Pengolahan Lahan Gratis dengan Mekanisasi. Program ini merupakan program untuk mengolah lahan tidur/kurang produktif yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara,” kata Nikson.


Untuk mendukung program ini, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menyediakan 12 unit traktor roda 4.


Tujuan dari Program PANGDAM ini meliputi peningkatan luas tambah tanam, peningkatan PDRB, mendorong pertumbuhan usaha tani, meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian, mengurangi biaya produksi petani, memberdayakan SDM petani, dan mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tapanuli Utara.


Hasil penjurian Top 10 Kabupaten akan menetapkan juara 1, 2, dan 3 yang akan diumumkan saat acara SDGs Annual Conference 2023 di Yogyakarta pada tanggal 5-7 November 2023.


Program I-Sim For Regencies ini merupakan ajang prestisius yang mengevaluasi dan menghargai inovasi dalam pembangunan daerah yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).


Penulis: Tulus

Editor : Rudi