Iklan Header

Senin, 16 Oktober 2023, 18:19 WIB
Last Updated 2023-10-16T11:19:33Z
Pemilu DamaiPolisiSiantar

Polres Siantar Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Brata Toba dan Deklarasi Pemilu Damai

Walikota Siantar menanda tangani perjanjian. (Foto/Istimewa).

SIANTAR - nduma.id


Polres Siantar menggelar lintas Sektoral Ops Mantap Brata Toba 2023-2024 sekaligus penandatanganan deklarasi pemilu damai dalam rangka Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota di Wilayah Kota Pematang Siantar.


Bertempat di Aula Mako Polres Pematang Siantar Kegiatan dipimpin Kapolres  Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, Senin, 16 Oktober 2023. 


Kapolres Siantar menyampaikan rapat koordinasi bertujuan untuk bersama-sama menyatukan visi dan misi serta persepsi bersama dalam rangka mempersiapkan kesiapan masing-masing menghadapi pemilu legislatif dan presiden di tahun depan.


Ops Mantab Brata Toba akan dilaksanakan secara serentak pada Kamis pukul 00.00 WIB 19 Oktober 2023 dan Ops Mantab Brata ini berlangsung lama atau terlama selama 222 hari 


Dikatakan untuk mempersiapkan Ops Mantab Brata Toba ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan Polres jajaran, diantaranya kegiatan Lat Praops yang sudah di laksanakan, simulasi Sispamkota, Rakor Lintas Sektoral dan Deklarasi Pemilu Damai dan besok serentak seluruh Indonesia akan melaksanakan apel gelar pasukan untuk Kota Siantar dilaksanakan lapangan Brimob.


"Dan nanti siang akan kita laksanakan gladi dan besok pagi kita laksanakan gelar secara serentak untuk mengecek kesiapan personil yang terlibat dalam Ops Mantab Brata Toba 2023-2024," kata kapolres 


Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan personil yang terlibat untuk kegiatan Ops Mantab Brata yang akan di laksanakan. 


"Jadi kegiatan Lat Pra Ops adalah merupakan kegiatan refreshment untuk memberikan teori dan paparan dari masing masing pihak bagaimana gambaran pelaksanaan pemilu di Kota Siantar ke depan," tandasnya.


Kemudian simulasi Sispamkota bertujuan untuk bagaimana kesiap siagaan personil dalam menghadapai situasi dengan eskalasi yang meningkat dari hijau, kuning dan merah sehingga seluruh personil siap apabila hal tersebut terjadi di wilayah Kota Siantar. 


Kegiatan ini sangat penting bahwa keamanan Kota Siantar selama pemilu tidak hanya tanggungjawab kepolisian saja namun juga stake holder yang terkait  seperti TNI, Pemerintah Kota dan yang lainnya. 


Penulis : Ari

Editor : Rudi