Iklan Header

Minggu, 29 Oktober 2023, 15:21 WIB
Last Updated 2023-10-29T16:22:12Z
DairiSumpah Pemuda

Peringatan Sumpah Pemuda ke-95, Bupati Dairi Ajak Pemuda Berperan Aktif Dalam Pembangunan

Bupati Dairi membacakan amanat di upacara peringatan Sumpah Pemuda. (Foto/Itimewa). 

DAIRI, Sidikalang –nduma.id


Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengajak pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan Indonesia, mengingat generasi muda memiliki tempat terhormat dalam kontribusinya terhadap bangsa.


Kesempatan ini juga diharapkan menjadi pemacu semangat pemuda di tengah berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia.


Ini dikatakan bupati saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 d di halaman kantor Bupati Dairi, Sabtu, 28 Oktober 2023.


Dia menyampaikan pesan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengenai pentingnya peran pemuda dalam pembangunan Indonesia.


"Pemerintah membuka kesempatan dan partisipasi pemuda dalam mewujudkan masa depan Indonesia secara bersama-sama, dan heterogenitas tersebut adalah sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia," kata Bupati Dairi.


Peringatan hari sumpah pemuda bertema "Bersama Majukan Indonesia" menekankan arti penting heterogenitas bangsa Indonesia serta posisi terhormat yang dimiliki oleh pemuda dalam pembangunan bangsa.


Bupati menjelaskan bahwa pemerintah memberikan kesempatan luas kepada pemuda untuk berpartisipasi dalam menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik.


Sejarah dan komitmen kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 menjadi salah satu landasan pemikiran peringatan ini, mengingat nilai gotong royong dan kebersamaan memiliki peran vital dalam memajukan Indonesia.


Meski dihadapkan pada berbagai permasalahan seperti korupsi, kemiskinan, pengangguran, dan lain-lain, pemuda diharapkan tidak gentar dan tetap bergandengan tangan demi kemajuan Indonesia.


Secara khusus, Bupati Eddy Berutu menekankan peran generasi muda di masa seperti dalam penyelenggaraan Pilkada, Pileg, dan Pilpres.


"Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya, tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur," ujarnya.


Ia berharap generasi muda dapat menjaga keutuhan bangsa dan berperan aktif dalam menghadirkan Indonesia yang adil dan makmur.


“Saya harap generasi muda dapat berperan aktif dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik. Ini adalah kesempatan bagi kita ditengah Pileg dan Pilkada dan Pilpres. Mari jaga keutuhan bangsa secara bersama-sama," tandasnya.


Turut hadir dalam peringatan ini, unsur Forkopimda seperti Kapolres Dairi AKBP Agus Bahari, Kasdim Jimi Barus yang mewakili Dandim, Wakil Ketua DPRD Halvensius Tondang yang mewakili Ketua DPRD, Dimas Ari Wicaksono yang mewakili Ketua Pengadilan, serta perwakilan sekolah TK-SMA dan organisasi kepemudaan. 


Peserta upacara diharapkan semakin berkobar dalam semangat kebangsaan dan kontribusi pada bangsa Indonesia.


Penulis: Raden

Editor : Rudi