Iklan Header

Kamis, 05 Oktober 2023, 12:13 WIB
Last Updated 2023-10-30T05:18:57Z
Hari JadiPameranPertanianTaputUMKM

Pameran dan Bazar, Menggairahkan Ekonomi dan Promosi Produk Lokal di Hari Jadi ke-78 Taput

Bupati Tapanuli Utara membuka acara pameran dan Bazar. (Foto/Istimewa).

TAPUT, Tarutung - nduma.id


Pameran dan bazar digelar dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Jadi ke-78 Kabupaten Tapanuli Utara.


Acara ini bertemakan "Mantapkan dan pastikan, berkarya dan berkelanjutan", bertujuan untuk meningkatkan perekonomian, edukasi, dan promosi bagi masyarakat setempat.

 

Acara tersebut diikuti oleh berbagai pihak, mulai dari Kecamatan, BUMN, perbankan, hingga UKM dan pelaku industri mikro serta kecil.


Rabu,  4 Oktober 2023, Bupati Tapanuli Utara, Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si, bersama Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat, SH, MM, dan beberapa pejabat lainnya, meresmikan pembukaan Pameran dan Bazar itu, bertempat di Gedung Serbaguna Tarutung.


Dalam sambutannya, Nikson Nababan mengatakan bahwa pameran dan bazar ini diharapkan dapat menjadi momen yang positif bagi peningkatan perekonomian, edukasi, dan promosi bagi masyarakat.


Ia juga menekankan pentingnya semangat kebersamaan dalam melaksanakan kegiatan ini.


Bupati Taput mengunjungi stand pameran. (Foto/Istimewa).

Pameran ini menjadi kesempatan bagi lembaga negara, perbankan, dan instansi OPD untuk mempromosikan pelayanan-pelayanan mereka kepada masyarakat, serta bagi UKM untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk mereka.


“Terima kasih buat semangat kebersamaan ini saat ini, Saya harap acara ini dapat menjadi momen meningkatkan tingkat perekonomian dan edukasi serta promosi bagi Masyarakat,” ujar bupati.


Data dari Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Utara mencatat, pameran dan bazar ini diikuti oleh 15 Kecamatan, 2 BUMN, 3 Lembaga Negara Lainnya, 1 Lembaga Pendidikan, 4 Perusahaan Swasta, 1 Perusahaan Internet, 1 OPD Penyelenggara Pasar Murah, 1 OPD Pelayanan Kesehatan, serta pelaku UKM dan Koperasi Produksi.


Sebelumnya Kadis Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Tapanuli Utara Drs. Gibson Siregar menyampaikan laporannya.


Tujuan dari acara ini, sebagaimana diungkapkan oleh Kadis meliputi mempromosikan produk pertanian dan industri mikro kecil masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara, menciptakan transaksi ekonomi-bisnis melalui penjualan produk, memberikan motivasi kepada para pelaku IKM/UKM untuk lebih produktif dan giat bekerja, serta menyajikan hiburan dan keramaian bagi masyarakat dalam perayaan Hari Jadi ke-78 Kabupaten Tapanuli Utara.


Pameran dan bazar ini berlangsung selama 2 hari, mulai 4 Oktober 2023  sampai 5 Oktober 2023, mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.


Jenis barang yang dipamerkan mayoritas merupakan produk pertanian dan hasil pelaku industri mikro dan kecil di Kabupaten Tapanuli Utara.


Penulis : Tulus

Editor : Rudi