Iklan Header

Minggu, 29 Oktober 2023, 20:04 WIB
Last Updated 2023-10-29T13:04:56Z
Pakpak BharatPemudaSumpah PemudaWawasan Kebangsaan

KNPI Pakpak Bharat Tingkatkan Wawasan Kebangsaan dan Keterlibatan Pemuda dalam Pembangunan Bangsa

Foto bersama usai seminar. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya.


Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Pakpak Bharat seminar kepemudaan dengan tema "Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Kaum Pemuda." Seminar ini diadakan di Gedung Aula Serbaguna, Salak pada Sabtu, 28 Oktober 2023.


Acara ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta kepada bangsa dan negara serta mengembalikan nilai-nilai kebangsaan yang tergerus oleh perkembangan zaman.


Seminar kepemudaan kerjasama antara DPD KNPI dan Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.


Ketua DPD KNPI Pakpak Bharat, Tamba Tinendung, SE, dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar ini penting untuk dilaksanakan, mengingat perkembangan zaman yang semakin pesat telah menggerus nilai-nilai kebangsaan di kalangan pemuda.


"Besar harapan kami dengan terselenggaranya seminar ini, nantinya dapat di implementasi kan dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga kecintaan terhadap bangsa dan negara dapat terus tumbuh di dalam sanubari kita masing-masing," tandasnya. 


Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat, Drs. Manihar Tumanggor, M.Pd, yang diwakili oleh Kepala Bidang Non-Formal Fasrah Sinaga, S.Pd, menyambut baik dan mengapresiasi agenda yang dilakukan DPD KNPI.


Beliau berjanji bahwa anggaran untuk menunjang berjalannya roda organisasi di bawah payung DPD KNPI Pakpak Bharat akan diperhatikan dan ditingkatkan.


Materi yang disampaikan oleh dua narasumber, Kapolres Pakpak Bharat AKBP Bambang C. Utomo SH dan Pabung Kodim Mayor CBA. M. Manurung, menjelaskan bahwa Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah air sebagai negara yang mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam penyelenggaraan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.


Di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari perwakilan organisasi kepemudaan dan siswa-siswi SLTA, Kapolres AKBP Bambang C. Utomo menyampaikan agar generasi muda dapat menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

 

Diharapkan dengan terselenggaranya seminar ini, pemuda dapat lebih meningkatkan wawasan kebangsaan serta keterlibatan mereka dalam berbagai kegiatan yang mendukung pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia.


Penulis: Harapan

Editor : Rudi