Iklan Header

Jumat, 27 Oktober 2023, 11:48 WIB
Last Updated 2023-10-27T04:48:34Z
KaroPoldasuPolisi

Kinerja Teguh, Polres Karo Tangkap Pelaku Peredaran Narkoba

Pelaku peredaran Narkoba dan barang bukti. (Foto/Istimewa).

KARO, Kabanjahe - nduma.id


Upaya pemberantasan peredaran Narkoba di Kabupaten Karo terus dilakukan oleh Polres Tanah Karo.


Ini sebagai bagian dari program prioritas Kapolda Sumut. 


Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, melalui Kasat Res Narkoba AKP Hendri Tobing mengatakan berkat kerja keras petugas yang cepat tanggap terhadap laporan masyarakat, seorang pelaku berinisial GLG (28), berhasil diamankan pada 30 September 2023 lalu.


Ia kedapatan tengah menguasai Narkoba jenis sabu di rumahnya.


"Saat diamankan GLG, kedapatan petugas tengah menguasai Narkoba jenis Sabu di rumahnya di Perumahan Gang Persada Indah Kabanjahe", kata Kasat Res Narkoba Rabu(25/10/2023).


Penangkapan ini berawal dari informasi yang diperoleh mengenai seseorang yang kerap menjual Narkoba jenis Sabu di Perumahan Gang Persada Indah Kabanjahe.


Dalam operasi tersebut, petugas berhasil mengamankan 7 paket plastik klip berisi kristal putih diduga Narkoba jenis Sabu dengan berat total 0,21 gram, 1 timbangan elektrik, 1 pipet sebagai sekop, dan 10 lembar plastik klip kosong. 


Pelaku mengakui seluruh barang bukti tersebut adalah miliknya.


Setelah itu, GLG dan barang bukti dibawa ke Mapolres Tanah Karo untuk menjalani proses penyelidikan lebih lanjut. 


Sementara itu, pelaku ditahan di RTP Mapolres Tanah Karo dan diperiksa dengan tuduhan melanggar pasal 112 ayat (1) dan pasal 114 ayat (1) dari UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkoba, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.


Keberhasilan ini menunjukkan tekad Polres Tanah Karo yang kuat dalam memberantas Narkoba di wilayah Kabupaten Karo.


Sejalan dengan program prioritas Kapolda Sumut. 


Di jelaskan kasat, upaya ini juga penting untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta memutus mata rantai Narkoba yang merugikan.


Masyarakat pun diharapkan lebih proaktif melaporkan jika menemui hal yang mencurigakan, agar aparat kepolisian dapat dengan sigap bertindak. 


Dukungan aktif dari masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang aman dari segala bentuk Narkoba serta membangun kerjasama yang erat antara polisi dan masyarakat. 


Kesuksesan penangkapan ini memotivasi Polres Tanah Karo untuk bekerja keras dalam pemberantasan Narkoba di Kabupaten Karo.


Penulis : Rudi

Editor : Son