Iklan Header

Rabu, 18 Oktober 2023, 08:25 WIB
Last Updated 2023-10-18T01:25:47Z
Bus GratisPakpak BharatPelajar Sekolah DasarSekolah

Jarak Tempuh Sekolah Jauh, Pemkab Pakpak Bharat Operasikan 8 Bus Pengantar Pelajar SD

Pelajar SD berangkat ke sekolah dengan BUS Gratis Pemkab Pakpak Bharat. (Foto/Istimewa).

Pakpak Bharat, Salak - nduma.id


Pelajar Sekolah Dasar di Dusun Kuta Kacib, Kecamatan Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat kini tak lagi terbeban dengan jarak sekolah jauh.


Orang tua pun tak lagi khawatir anaknya terlambat sekolah, karena Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat Melalui Dinas Pendidikan menyediakan 8 unit bus sekolah bagi pelajar Sekolah Dasar di Dusun Kuta Kacib, Kecamatan Siempat Rube.


Delapan unit bus sekolah ini akan melayani rute Kuta Kacib - Jambu Mbellang, Pronggil Julu - Pronggil Jehe, Perduhapen - Pardomuan, serta Kuta Liang - Simerpara.


"Terimakasih kepada bapak Bupati, kami tidak lagi terlambat ke Sekolah," ucap Karis Tindaon, seorang pelajar di Dusun Kuta Kacib, Selasa (17/10/2023). 


Sebelumnya, Karis bersama puluhan teman-temannya harus menempuh rute jauh dan berbahaya dengan berjalan kaki untuk tiba di sekolahnya di Desa Siempat Rube II.


"Kami tidak lagi khawatir anak kami terlambat ke sekolah, kehujanan, melewati sungai, mudah-mudahan tambah semangat anak-anak belajar, dan Pakpak Bharat makin nduma," ucap Goama Padang orang tua siswa, di Kuta Kacib.


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengatakan disediakannya bus sekolah ini berawal dari rasa khawatir dan keprihatinan darinya, melihat kondisi anak-anak sekolah yang harus menempuh jarak bahkan hingga belasan kilometer untuk mencapai sekolah tempat mereka menuntut ilmu. 


“Melihat jarak tempuh dari rumah ke sekolah yang sangat jauh, sementara anak-anak Sekolah Dasar masih kecil-kecil, kita melihat ini sebagai sebuah kendala dalam upaya dan  partisipasi aktif si anak dalam menempuh pendidikan,” kata Franch.


Fasilitas bus sekolah ini, bentuk realisasi Visi dan Misi Bupati Pakpak Bharat Tahun 2021-2026, pada Misi kedua Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan kualitas sumber daya yang berbasis pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi