Iklan Header

Sabtu, 21 Oktober 2023, 07:33 WIB
Last Updated 2023-10-21T02:21:11Z
DairiJambore Pemuda dan BudayaTNI

Manunggal Bersama Rakyat Kodim 0206 Dairi Jambore Pemuda dan Budaya Se Kabupaten Dairi

Dandim 0206 Dairi saat menggelar konferensi pers. (Foto/Rudi).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Mewujudkan visi-misi fungsi TNI dalam pembinaan teritorial, Kodim 0206 Dairi menggelar event Jambore Pemuda dan Budaya Se Kabupaten Dairi.


Giat itu di jadwal selama 3 hari, mulai Jumat 27 Oktober 2023 sampai Minggu 29 Oktober 2023 mendatang.


Mengambil lokasi di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.


"Kami melihat ada peluang untuk kami mewujudkan visi misi kami sesuai dengan fungsi TNI. Pembinaan teritorial yang kami harus manunggal dengan masyarakat," kata Dandim 0206 Dairi Letkol Goklas P Silaban, menggelar konfrensi pers. Jumat (20/10/2023).


Di Konferensi Pers itu Goklas didampingi Pasiops (Ketua Panitia) Kapten Inf. T. Aritonang, dan Kordinator umum Lettu Inf Ayinda Hernandes.


Berangkat dari kemanunggalan Itu kata Dandim, pihaknya ingin membentuk pemuda di Kabupaten Dairi menjadi kekuatan pembangunan.


Salah satunya dengan memberikan pengetahuan peran pemuda mengisi pembangunan.


"Tujuan kita menciptakan pemuda menjadi kekuatan pembangunan di Kabupaten Dairi. Pemuda akan kami berikan pengetahuan tentang bagaimana peranan mereka dalam pembangunan di Dairi," sebut Goklas.


Selain itu event Jambore Budaya Kodim 0206 Dairi ini diharapkan juga akan memperkuat silaturahmi antara TNI, pemerintah dan rakyat khususnya pemuda.


"Kami ingin membuat sinergitas, baik TNI-POLRI dan pemuda untuk menciptakan suasana yang kondusif, aman dan  damai terkhusus menjelang pesta demokrasi di tahun 2024, antara lain, Pilpres, Pileg, Pilkada dan Pilkades," tandas Goklas.


Sejauh ini di katakan pihaknya melalui panitia pelaksana sudah melakukan berbagai persiapan.


Salah satunya berkoordinasi dengan semua pihak. 


Jambore Pemuda dan Budaya itu nantinya akan melibatkan 150 sampai 200 orang pemuda terdiri dari perwakilan pelajar SMA sederajat, organisasi kepemudaan, masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda.


"Kami juga akan mengundang dari Kepolisian, Kejaksaan dan Pemerintah Kabupaten Dairi," ujar Dandim.


Pihaknya memilih Kecamatan Silahisabungan sebagai lokasi acara karena Silalahi merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Dairi dan banyak memilki sejarah budaya.


Dengan dilaksankan di Silalahi, diharapkan dapat menambah gairah para pemuda yang ikut kegiatan jambore, sekaligus menunjang

pariwisata di Silahisabungan.


Event ini di sebut Goklas pertama kali dilaksanakan Kodim 0206 Dairi dan akan diagendakan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya.


"Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung kegiatan ini," tukasnya.


Agenda rutin inipun di target goklas bisa melatih pemuda menjadi inisiator menciptakan kondisi yang aman kondusif khusunya di pesta demokrasi 2024 mendatang.


Penulis : Rudi

Editor : Son