Iklan Header

Kamis, 26 Oktober 2023, 18:09 WIB
Last Updated 2023-10-26T11:09:04Z
Gerakan Mahasiswa Kristen IndonesiaNasionalPemilu 2024

GMKI dan Ditjen Polpum Kemendagri Kolaborasi Tingkatkan Partisipasi Generasi Muda di Pemilu 2024

Pengurus Pusat GMKI di Ditjen Kemendagri. (Foto/Istimewa).

Jakarta - nduma.id


Pengurus Pusat (PP) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan Ditjen Polpum Kemendagri sepakat kolaborasi dalam meningkatkan peran generasi muda, terutama generasi milenial dan Z, dalam pemilu damai dan berintegritas pada Pemilu 2024. 


Kolaborasi ini diharapkan mampu menggugah partisipasi dan kesadaran generasi muda terhadap pemilu yang merupakan bagian integral dari demokrasi Indonesia.


Kesepakatan itu dicapai dalam audiensi yang dilakukan oleh PP GMKI dan Ditjen Polpum Kemendagri pada hari Rabu, 25 Oktober 2023. 


Audiensi itu diterima oleh Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga yang juga Plh. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Bapak Togap Simangunsong.


Ketua Umum PP GMKI, Jefri Gultom, menekankan pentingnya peran generasi muda sebagai agen perubahan dan bagian integral dari proses demokratis dalam mewujudkan pemilu yang damai dan berintegritas. 


Untuk itu, GMKI akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, guna meningkatkan partisipasi dan kesadaran generasi muda terhadap pemilu.


"GMKI berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan pemilu yang damai dan berintegritas. Kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran generasi muda dalam pemilu," kata Jefri Gultom kepada awak media melalui WhatsApp.


Togap Simangunsong menyambut baik komitmen GMKI untuk meningkatkan peran muda dalam pemilu. Ia mengatakan bahwa pemerintah akan terus bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk GMKI, untuk mewujudkan pemilu yang damai dan berintegritas.


"Kami menyambut baik komitmen GMKI untuk meningkatkan peran muda dalam pemilu. Kami akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan pemilu yang damai dan berintegritas," kata Togap Simangunsong.


Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebanyak 66.822.389 pemilih dalam Pemilu 2024 merupakan generasi milenial, sedangkan sebanyak 46.800.161 pemilih merupakan generasi Z. 


Jumlah ini mendominasi total pemilih Pemilu 2024 yang mencapai 204.807.222 pemilih.


Berdasarkan data tersebut, PP GMKI dan Ditjen Polpum Kemendagri sepakat untuk melakukan kolaborasi dalam meningkatkan peran generasi muda dalam pemilu damai dan berintegritas dengan berbagai kegiatan.


PP GMKI dan Ditjen Polpum Kemendagri berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan peran generasi muda dalam pemilu damai dan berintegritas di Indonesia.


Penulis : Ari

Editor : Rudi