Iklan Header

Rabu, 25 Oktober 2023, 17:05 WIB
Last Updated 2023-10-25T10:05:45Z
Bantuan KomputerDairiPendidikanPLN

Dukung Pendidikan Berkualitas, PLN Bantu SMP Muhammadiyah Sidikalang dengan Perangkat Komputer

Penyerahan bantuan secara simbolis. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Dalam rangka memajukan pendidikan dan mencerdaskan bangsa Indonesia, perusahaan listrik negara Indonesia, PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Utara telah memberikan dukungan berupa bantuan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kepada SMP Muhammadiyah 51 Sidikalang.


Bantuan di berikan pada Selasa 24 Oktober 2023 di halaman SMP 51 Muhammadiyah.


Aksi ini mendapatkan apresiasi positif dari Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.


Bupati Dairi menilai bahwa dukungan ini sangat bermanfaat dalam mendorong perkembangan teknologi di kalangan pelajar dan pengembangan siswa di daerah Dairi.


“PLN terus berkontribusi nyata kepada masyarakat tak hanya dari sisi pasokan listrik namun juga dalam meningkatkan mutu pendidikan, ini salah satu buktinya” kata Eddy Berutu dalam sambutannya.


Sebagai implementasi nyata, pemerintah daerah telah meluncurkan program Gasing dan beberapa inisiatif lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.


Tentu saja, ke depannya, Bupati Dairi mengharapkan adanya kerjasama yang erat antara Pemda dan PLN dalam membentuk lingkungan yang kondusif bagi pendidikan.


“Komitmen kita semua sama-sama mendorong laju pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan. Yang dilakukan PLN ini saya kira selaras dengan program kita Dairi Cerdas. Kita tidak bisa lakukan banyak hal tanpa dukungan banyak pihak seperti yang dilakukan PLN ini,” katanya.


Gilang Endra Basuki, Asisten Manager PLN UP3 Bukit Barisan, menjelaskan bahwa program bantuan perangkat komputer ini merupakan pelaksanaan dari program PLN Peduli yang mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs).


Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya bagi siswa yang ada di Kabupaten Dairi.


“Dengan diberikan bantuan ini, semoga dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah untuk dapat meningkatkan pengetahuan bagi generasi mendatang dalam menghadapi era global,” ujarnya.


Dalam perhelatan tersebut, beberapa stakeholder turut hadir, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, JW.Purba, Kepala Disparbudpora Dairi, Rahmat Syah Munthe, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 51, Anwar Irawadi, dan Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sidikalang dan hadirin lainnya.


Tak hanya menguntungkan pihak-pihak yang terlibat, PLN Peduli juga merupakan salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN yang berkomitmen pada pencapaian SDGs.


Melalui program ini, berbagai isu seperti pengentasan kemiskinan, pangan, kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, ketersediaan air dan energi, peningkatan perekonomian masyarakat, infrastruktur, iklim, pemukiman, ekosistem kelautan, hingga keberlanjutan pembangunan menjadi sejumlah fokus utama yang ditargetkan.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi