Iklan Header

Jumat, 20 Oktober 2023, 14:33 WIB
Last Updated 2023-10-23T07:40:26Z
DairiPertanian TerpaduTanak Perdana Kentang

Bupati Dairi Tanam Perdana Kentang di Demplot Fertigasi KPT Desa Parbuluan


Foto bersama saat tanam perdana kentang. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Parbuluan - nduma.id


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melakukan tanam perdana kentang di Demplot fertigasi Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, Kamis 19 Oktober 2023.


Di kawasan ini di kembangkan sistem pertanian presisi yang merupakan sistem irigasi hemat air dan pupuk yang efisien karena digunakan sesuai dengan kebutuhan tanaman dan ramah lingkungan.


"Ini saatnya kita lakukan pengembangan teknologi pertanian berkelanjutan. Kita sudah mulai menggunakan teknologi fertigasi atau irigasi presisi atau pertanian presisi," kata Eddy Berutu.


Sistem pertanian dikatakan tidak lagi hanya dipersepsikan sebagai kegiatan bercocok tanam saja, tetapi pertanian merupakan bagian sistem industri yang bertransformasi agar memiliki nilai tambah, baik dari aspek ekonomi, sosial maupun lingkungan.


“Ini adalah konsep pertanian dengan pendekatan sistem untuk menuju pertanian dengan efisiensi tinggi, dan pertanian berkelanjutan," sebut bupati.


Bupati menyebut dengan konsep pertanian modern, tugas kedepan adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusianya (SDM), karena tantangan bagi petani di era pertanian presisi adalah SDM.


“SDM-nya harus memiliki kemampuan dalam pengelolaan lahan, pengelolaan tanaman, pengelolaan alat dan mesin pertanian, baik yang digunakan pada tahapan pra-panen maupun pasca panen, serta pengelolaan tenaga kerja,” tandasnya.


Program yang di lakukan saat ini adalah peningkatan produktivitas pertanian, diversifikasi sumber pangan, pengembangan teknologi pertanian, peningkatan akses terhadap input pertanian, perbaikan infrastruktur jaringan irigasi.


 Saya berharap seluruh program di KPT ini akan berdampak baik bagi peningkatan taraf hidup petani," tukas Eddy.


Tanam perdana dilakukan bersama tim dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian yang dipimpin Muktar Sibarani, Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Pemprovsu Lambok Turnip, Kus Haryanto dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Azis Herdiyanto dari Polbangtan Medan, Kepala Dinas Pertanian Kpp Dairi, Robot Simanullang, Camat Parbuluan Saut M Sinaga, dan Ketua PKK Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi