Iklan Header

Sabtu, 21 Oktober 2023, 23:55 WIB
Last Updated 2023-10-24T16:56:06Z
Bantuan SosialBencana AlamTaput

Bencana Alam Jadi Ujian, Bupati Taput Salurkan Bantuan

Bupati Taput memberikan bantuan. (Foto/Istimewa).

TAPUT, Tarutung  – nduma.id


Kabar baik datang dari Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dimana Bupati Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si, bersama jajarannya memberikan bantuan terhadap 11 warga yang menjadi korban bencana alam pada tahun 2023.


Bantuan yang berupa uang tunai senilai total Rp. 45.400.000 ini diserahkan langsung oleh Nikson Nababan di Rumah Dinas Bupati, Jumat 20 Oktober 2023, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tapanuli Utara.


Dalam arahannya bupati mengajak para korban bencana untuk selalu tabah menghadapi cobaan dan berharap bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban para korban.


"Saya menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Utara turut prihatin dengan terjadinya bencana alam Puting Beliung, Pohon Tumbang dan Kebakaran. Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bisa mengambil hikmah dalam bencana ini, Saya harap bantuan ini dipergunakan sebaik mungkin," ujar bupati.


Selain itu, bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap bencana alam yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.


“Mari kita rawat dan cintai bersama Kabupaten Tapanuli Utara. Semua masyarakat harus lebih hati-hati, dan tetap waspada karena bencana bisa datang kapan saja,” ujar Nikson Nababan.


Bupati mengajak masyarakat untuk bersama-sama jaga alam ini agar terhindar dari bencana alam.


“Kalau kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita. Salah satunya menjaga hutan dan lahan. Mari kita rawat dan cintai bersama Kabupaten Tapanuli Utara,” tandas Bupati


Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Utara, Bonggas Pasaribu, dalam laporannya menyebutkan bahwa para warga korban bencana alam ini berasal dari Kecamatan Pahae Jae, Kecamatan Garoga, Kecamatan Siborongborong, dan Kecamatan Tarutung.


Bencana yang terjadi selama tahun 2023 meliputi angin puting beliung, pohon tumbang, dan kebakaran.


Salah seorang warga korban bencana, Abdul Hasan Pakpahan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, khususnya Bupati Nikson, atas bantuan yang diberikan.


"Kami sangat terbantu, kami akan pergunakan bantuan ini sebaik mungkin. Terima kasih pak Bupati yang selalu peduli terhadap warganya. Kami akan selalu mendukung Bapak, semoga harapan dan cita-cita Bapak dapat tercapai dan berkelanjutan," ungkapnya.


Semoga bencana alam yang menimpa warga Kabupaten Tapanuli Utara ini menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk senantiasa waspada dan menjaga kelestarian alam serta lingkungan sekitar kita.


Penulis : Tulus

Editor : Rudi