Iklan Header

Jumat, 27 Oktober 2023, 08:25 WIB
Last Updated 2023-10-27T02:49:23Z
Bandara udaraBasarnasKecelakaan PesawatMedan

Basarnas Medan dan Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan Tanda Tangani MoU LOCA

Kakansar Medan dan Kepala Otorita Bandara Medan menandatangani MoU. (Foto/Basarnas).

Medan – nduma.id


Memperkuat koordinasi dan efektivitas dalam penanganan kecelakaan pesawat udara,


Kementerian Perhubungan melalui Basarnas Medan dan Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan menandatangani MoU Letter of Operational Coordination Agreement (LOCA)


Penandatanganan di lakukan di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan, Rabu, 25 Oktober 2023 lalu.


MoU LOCA di tandatangani langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono, S.E. M.M. dan Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, S. Si.T., S.T., M.T.


"Tujuan dari penandatanganan MoU LOCA ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas koordinasi dalam penanganan kasus-kasus kecelakaan pesawat udara," tutur Budiono,

 

MoU LOCA ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses koordinasi dan pertukaran informasi terkait pencarian dan pertolongan kecelakaan pesawat udara secara cepat, tepat, efektif, dan efisien sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Sebelum penandatanganan MoU LOCA, kedua pihak pada Selasa 24 Oktober 2023 terlebih dahulu menyusun draft kesepakatan ini di Kantor Basarnas Medan bersama Tim Biro Hukum dan Kerjasama Basarnas Pusat.


Penyusunan draft diharapkan mempermudah pelaksanaan dan koordinasi kedua belah pihak dalam situasi darurat yang melibatkan pesawat udara.


Dengan adanya MoU LOCA ini, diharapkan koordinasi antara Basarnas Medan dan Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan akan semakin solid, sehingga penanganan kecelakaan pesawat dapat menjadi lebih efektif dan efisien, serta meminimalisir risiko yang bisa muncul akibat kurangnya koordinasi dan komunikasi antar-instansi terkait.


Penulis : Rudi

Editor : Son