Iklan Header

Jumat, 22 September 2023, 22:43 WIB
Last Updated 2023-10-03T23:57:23Z
AdvertorialDairiPolriTNI

TMMD ke 118 di Dairi, Membangunan Infrastruktur dan SDM di Desa Sungai Raya

Bupati Dairi memukul gong membuka TMMD. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Siempat Nempu Hulu – nduma.id


Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-118 tahun 2023 resmi di buka Rabu 20 September 2023.


Tepatnya di Dusun Borno, Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi Sumatera Utara.


Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu langsung menjadi inspektur upacara dan membuka Giat TMMD ini.


“Saya percaya pembangunan infrastruktur dan SDM yang akan dilakukan jajaran TNI, Pemerintah, dan masyarakat selama kurang lebih 30 hari ke depan dapat ikut mendorong perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Siempat Nempu Hulu, di Dusun Borno, Desa Sungai Raya,” harap Eddy.


Program TNI Manunggal Masuk Desa ke-118  akan membangun infrastruktur membuka akses jalan menuju Desa Gunung Meriah sepanjang 7,5 Kilometer dengan lebar 6 meter, dan plat beton sebanyak 3 unit.


TMMD ini merupakan program terpadu antara TNI, pemerintah daerah, serta masyarakat, yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah pedesaan.


Ini juga sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sejalan dengan konsep pembangunan Kabupaten Dairi Mewujudkan Dairi Unggul Yang Mensejahterakan Masyarakat dalam Harmoni Keberagaman.


Dikatakan pembangunan di desa penting untuk dilakukan dengan alasan bahwa desa memiliki peran penting dalam pembangunan nasional.


“Mengapa pembangunan desa sangat penting? Karena desa memegang peranan penting dalam pembangunan nasional. Pembangunan di desa akan membentuk perekonomian desa yang kuat yang dapat menyokong perekonomian nasional.´ujar bupati.


Karena itu TMMD merupakan bentuk sinergi lintas sektoral antara TNI dan pemerintah daerah beserta jajarannya dan komponen masyarakat yang membawa semangat kegotong-royongan di dalamnya. 


Perjanjian kerja sama Pemkab Dairi dan TNI. (Foto/Istimewa).

Menembus Akses Sejauh 7.5 Kilometer


TMMD ke-118 Tahun 2023 yang dilaksanakan Kodim 0206/Dairi lewat pembangunan infrastruktur membuka akses jalan menuju Desa Gunung Meriah sepanjang 7,5 Kilometer dan pembuatan 3 gorong-gorong.


Kegiatan non-fisik seperti penyuluhan Kamtibmas dan sosialisasi bahaya narkoba juga di lakukan di TMMD.


Juga dirangkai penyerahan bakti sosial berupa penyerahan bantuan sembako, pupuk cair, dan penyerahan mesin pengering jagung kepada warga melalui Kepala Desa Sungai Raya.


“Pekerjaan infrastruktur sudah berjalan 3 Kilometer dan saat ini kita lakukan penyuluhan bahaya narkoba dan kamtibmas. Di tanggal 19 Oktober kita pastikan semua sudah tuntas,” kata Dandim Dairi.


Warga menerima bingkisan Bhakti Sosial TMMD. (Foto/Istimewa).

Disambut Senang Warga


Bupati Eddy Berutu menyampaikan TMMD adalah operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu pada lintas sektoral bersama, lembaga pemerintahan, dan masyarakat telah menunjukkan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat.


Bupati menyebut terlihat wajah warga yang bahagia dalam pertemuan ini menunjukkan bahwa TMMD akan berdampak positif bagi masyarakat.


“Sebagai kepala daerah saya bahagia karena saya lihat sejak pembukaan TMMD gairah masyarakat meningkat. Ini syukur saya lagi karena ada mitra kita di belakangnya yaitu TNI,” kata bupati.


TMMD sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah.


Dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat dan dilaksanakan secara integral melibatkan semua unsur-unsur yang terkait yang dimulai dari tingkat desa, kelurahan, sampai kabupaten.


“Terbukti, TMMD adalah cara kira mengikat gotong-royong mengatasi masalah di tengah masyarakat. Bagusnya lagi, saya lihat fokus TMMD bukan saja infrastruktur tapi juga keguyuban di lapangan. Saya banyak belajar dari kegiatan ini. Mari kita pertahankan keguyuban ini. Kami dari Pemkab Dairi siap berkolaborasi guna keberlanjutan program ini,” ujarnya lagi.


Maslan Boru Silaban (51) Warga Sikurawung Dusun 6 Sungai Raya mengaku program TMMD, terutama pembukaan jalan, sangat membantu masyarakat yang ada di Desa Sungai Raya.


“Saya salah satu masyarakat yang punya lahan di Dusun Borno dan memang sudah lama tidak ada akses jalan ke ladang kami. Saat ini saya merasa bangga dan haru karena jalan sudah dibuka,” kata Maslan.


Kepala Desa Sungai Raya Luat Darson Simanullang. (Foto/Istimewa).

Target Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa


TMMD di Desa Sungai raya ini di target akan berlangsung selama 30 hari hingga 19 Oktober 2023.


Kepala Desa Sungai Raya Luat Darson Simanullang mengaku sangat bangga karena pemerintah meletakkan program TMMD di Desa Sungai Raya.


“Saya pikir, masyarakat juga sangat-sangat senang dengan pembangunan pembukaan jalan melalui program TMMD,” ucapnya.


Disampaikan TMMD merupakan program pembangunan yang sangat strategis karena infrastruktur di Desa Sungai Raya tidak akan bisa dibangun jika hanya mengandalkan dana desa saja.


“Pembukaan jalan sepanjang 7,5 kilometer dari Dusun Borno masuk ke Dusun Kuta Delleng terus ada daerah Barisan Umpal-umpal kemudian melewati Desa Gunung Meriah kemudian Dusun Sikurawung yang merupakan dusun terpelosok dari Desa Sungai Raya,” ucapnya.


Sebelumnya rute ini tidak memiliki akses karena merupakan perladangan sehingga petani kesulitan membawa hasil ladangnya.


“Nanti armada seperti kereta (sepeda motor) dan mobil sudah bisa masuk ke dalam untuk mengantar sarana dan prasarana pertanian serta hasil panen petani,” tandasnya.


Luat berharap pembukaan jalan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sungai Raya.


Upacara Pembukaan TMMD ke-118 TA 2023 digelar di Lapangan SD Negeri 037994 Juma Borno, Dusun Lae Borno, Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu. (Adv).