Iklan Header

Sabtu, 09 September 2023, 23:17 WIB
Last Updated 2023-09-10T07:12:21Z
DairiPelatihan GasingPendidikan

November 2023 Program Gasing Dairi Tuntas di Ikuti 30.000 Siswa

Suasana pelatihan Gasing. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang-nduma.id


Pelatihan matematika metode Gampang, Asik, dan Menyenangkan (Gasing) kembali di gelar di Kabupaten Dairi Sumatera Utara.


Pesertanya sebanyak 259 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Dairi.


Giat diselenggarakan di Aula Sekolah Yayasan Bukit Cahaya Sidikalang, Jumat 8 September 2023.


Ini merupakan penyelenggaraan ketiga kalinya guna mengejar tercapainya target 30 ribu siswa SD dan SMP se-Kabupaten Dairi mendapatkan program ini.


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan program Gasing ini terselenggara diawali dari obrolan santai saat menghadiri undangan Menkomarves Luhut Panjaitan di acara wisuda Yayasan DEL.


"Pembicaraan pun berlanjut bertemu Profesor Yohanes Surya. Cerita Prof. Surya menginspirasi saya untuk membuktikan bahwa anak yang tidak suka matematika menjadi suka dan inilah tantangan yang diberikan Prof.Surya. Ini yang saya bawa ke Dairi," kata bupati.


Dalam perjalanannya, program ini tidak mudah dilakukan karena terkendala pada anggaran dan regulasi. 


Namun seiring waktu Presiden Jokowi menyetujui agar program ini dibuatkan nomenklaturnya.


"Hari ini adalah buktinya, program ini bisa kita laksanakan dengan target 30 ribu anak SD hingga SMP. tahun ini harus tuntas," tandas bupati.


Oktober 2023 nanti Prof Surya dikatakan akan  hadir melakukan review termasuk memilih beberapa guru untuk sharing ilmu ke daerah lain.


"Hari ini kita sudah tunjukkan kita hebat. Kita lakukan program ini secara mandiri tanpa pendampingan dari profesor. Ini membuktikan kualitas SDM kita unggul. Saya berpesan, serap ilmunya praktekkan pada anak-anak. Target 30 ribu itu mudah, namun nilai lebih dari keberhasilan angka itu yang ingin kita kejar," katanya.


Hadir juga dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi JW.Purba, Kabid SD Viddon Rajagukguk, Bunda Literasi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu, Ketua Yayasan Bukit Cahaya Sumihar Silalahi, para guru dan mentor serta para siswa SD dan SMP peserta pelatihan. 


Acara ini akan berlangsung dari tanggal 6 September 2023 hingga 22 September 2023 mendatang. 


Penulis : Luhut

Editor : Rudi