Iklan Header

Rabu, 27 September 2023, 12:40 WIB
Last Updated 2023-09-27T05:40:45Z
DairiEnglish CoursPendiidkan

400 Siswa Dairi Ikut Lomba English For Dairi

Peserta lomba foto bersama. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi buka Lomba English for Dairi di Gedung Yayasan Bukit Cahaya Sidikalang, Selasa 26 September 2023.


Hampir 400 siswa tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Dairi ikut berpartisipasi.


Diantaranya 249 siswa SD dan 126 siswa SMP dari 153 sekolah SD dan SMP di Dairi.


Giat berlangsung mulai 26 September 2023 sampai 27 September 2023.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, Jonni Waslin Purba mengatakan, kegiatan yang diperlombakan yaitu news reading, puisi, dan story telling untuk tingkat SD, serta puisi, story telling, dan pidato untuk tingkat SMP. 


"Puji Tuhan, ini pesertanya bukan hanya dari Sidikalang saja tapi juga luar Sidikalang. Terutama kita sangat bangga dengan siswa SD, karena mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini," kata Jonni.


Tujuan perlombaan disampaikan untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Dairi salah satunya melalui Bahasa Inggris. 


"Harapannya, Bahasa Inggris dapat menjadi muatan lokal. Hal ini sudah kita rencanakan dan sudah kita anjurkan kepada sekolah, agar Bahasa Inggris dimasukkan dalam muatan lokal. Hal ini juga sudah ada peraturan bupatinya. Tinggal bagaimana sekolah itu akan memilih," katanya. 


Perlombaan itu merupakan suatu kebijakan dan program dari Pemkab Dairi yang telah diprogramkan Bupati Dairi Eddy Berutu untuk meningkatkan indeks literasi guna mencapai Dairi Cerdas. 


"Jadi ini merupakan kegiatan perdana yang sangat luar biasa. Kami juga akan melaporkan ini melalui raport mutu pendidikan sehingga indeks literasi kita akan lebih cepat meningkat," ucapnya. 


Pada kesempatan yang sama, JW juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Dairi kerena telah menetapkan kebijakan yang dapat menunjang indeks literasi dan mendukung kurikulum merdeka. 


"Dan juga kepada Bunda Literasi Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata yang telah mendukung segala kegiatan kami demi tercapainya siswa yang cerdas dan gemar literasi. Semoga kegiatan sepeti ini dapat kita laksanakan di tahun mendatang," ucapnya. 


Penulis : Luhut

Editor : Rudi