Iklan Header

Senin, 17 Juli 2023, 12:09 WIB
Last Updated 2023-08-17T05:51:08Z
DairiKelas Unggulan

SMPN 3 Sidikalang Seleksi Siswa Kelas Unggulan

Suasana seleksi kelas unggulan di SMP N 3 Sidikalang. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


SMPN 3 Sidikalang melakukan seleksi siswa masuk kelas unggulan


Proses seleksi berlangsung secara ketat dan transparan, Senin 17 Juli 2023 di SMPN 3 Sidikalang.


Kepsek SMPN 3 Sidikalang, Asima Ermawaty Simarmata mengatakan sebelum proses belajar mengajar dimulai terlebih dahulu di lakukan seleksi kelas unggulannya.


“Mata pelajaran yang di ujikan yaitu IPA, IPS, Matematika dan Bahasa Inggris. Hal itu kita lakukan supaya sebelum PBM di mulai, siswa kita yang prestasinya menonjol, bisa dikelompokan dalam satu kelas khusus,” ujarnya, Selasa (18//7/2023) di ruang kerjanya.


Dikatakannya, jumlah siswa yang mendaftar ke SMPN 3 Sidikalang sebanyak 415 orang dan yang diterima sesuai dengan prosedur alur pendaftaran yang dilakukan secara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online sebanyak 288 orang dari jalur afirmasi, zonasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi.


“Jumlah peminat untuk SMPN 3 Sidikalang ini cukup tinggi. Namun kita kan memiliki daya tampung sesuai dengan yang sudah ditentukan. Jadi dari 288 siswa baru kita, ada 36 siswa yang berhasil duduk di kelas unggulan sesuai dengan hasil seleksi,” tuturnya.


PBM di SMPN 3 untuk seluruh siswa dikatakan sudah berjalan dengan baik dan lancar seperti biasanya.


Namun, untuk sistem pelaksanaan pembelajarannya kelas unggulan menerapkan kurikulum plus ditambah pendalaman materi IPA, IPS, Bahasa Inggris, Matematika, dan beberapa ekstra kurikuler untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan para siswa.


 “Jadi sesuai dengan visi misi dibawah kepemimpinan Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bahwa kita harus mewujudkan Dairi Cerdas Dairi Unggul. Jadi dengan pembinaan kelas unggulan ini juga, kita bisa mengasah, memunculkan potensi dan skill yang dimiliki siswa kita, sehingga visi misi tersebut bisa terwujud,” katanya. 


Penulis : Raden

Editor : Rudi