Iklan Header

Kamis, 10 Agustus 2023, 09:45 WIB
Last Updated 2023-08-10T02:45:02Z
IVaTOBA

Kecamatan Silaen Wakili Toba Lomba Tingkat Propinsi Kategori Iva Test

Poltak Sitorus di acara Iva Test. (Foto/istimewa).

 TOBA-nduma.id


Kecamatan Silaen menjadi binaan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK ) mewakili Kabupaten Toba mengikuti lomba Iva Test tingkat Provinsi Sumatra Utara (Sumut).


Iva adalah singkatan dari Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ) merupakan pemeriksaan kesehatan bagi kaum perempuan, untuk menghindari atau mencegah kanker serviks.


Saat ini, lomba Iva Test sudah masuk tahap penilaian evaluasi. 


Tahap evaluasi sendiri dilaksanakan pada Rabu 9 Agustus 2023 di Puskesmas Kecamatan Silaen yang dihadiri langsung oleh pengurus TP- PKK Provinsi Sumut dari Medan. 


Kegiatan evaluasi ini dimulai dengan sambutan Camat Silaen, Moses Simanjuntak


Moses menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim PKK Kecamatan Silaen yang telah berjibaku dan bahu-membahu melaksanakan Iva Test di Kecamatan Silaen.


"Terimakasih kepada seluruh team TP- PKK Kecamatan Silaen yang telah berusaha dan melakukan sosialisasi dan selalu mengajak masyarakat agar melakukan pelayanan Iva Test ke Puskesmas Silaen," ujar Moses Simanjuntak.


Ketua TP-PKK Kabupaten Toba yang diwakili oleh Sekretaris 1 TP-PKK Kabupaten Toba Melati Simalango dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih kepada tim TP-PKK Provinsi yang telah memberikan kesempatan untuk Kecamatan Silaen, dan dapat melanjutkan kegiatan hingga tahap evaluasi Iva Test. 


"Semoga Kecamatan Silaen menjadi juara," ujar Melati Simalango.


Sementara mewakili tim evaluasi dari Propinsi Sumut, Deliana dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada TP- PKK Kecamatan Silaen yang dapat melanjutkan ke tahap evaluasi Lomba Iva Test. 


"Semoga acara dapat berjalan dengan baik dan hasil yang memuaskan," katanya. 



Ketua TP-PKK Kabupaten Toba, Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi Bupati Toba, Poltak Sitorus  juga hadir disela-sela kegiatan yang sedang berlangsung. 



Pada kesempatan itu, Rita Marlina Poltak Sitorus memberikan semangat kepada ibu-ibu TP-PKK Kecamatan Silaen yang telah bekerja sama dengan baik dan memberian hasil yang terbaik dikegiatan Iva Test. 


"Apapun hasil dari perlombaan Iva Test, intinya kita TP-PKK Kabupaten Toba, dan TP-PKK Kecamatan Silaen telah memberikan usaha yang terbaik, dan paling penting ibu-ibu di Kecamatan Silaen sehat semuanya," sebutnya. 


Sementara Bupati Toba, Poltak Sitorus yang juga  menyapa masyarakat yang mengikuti Iva Test. 


Poltak Sitorus juga menyampaikan bahwa kesehatan adalah hal paling penting  bagi semua kaum perempuan. 


"Yang terpenting agar semua wanita di sini sehat -sehat, dan paling penting menjaga pola makannya," ujar Poltak Sitorus. 


Terpisah Kadis Kesehatan Kabupaten Toba,dr.Freddi S.Sibarani  kepada wartawan mengatakan bahwa hasil kerja keras TP-PKK  bekerja sama dengan berbagai pihak , capaian pemeriksaan IVA Test di Kecamatan telah mencapai target  lebih dari 100%.  


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi