Iklan Header

Jumat, 18 Agustus 2023, 07:35 WIB
Last Updated 2023-08-19T00:47:07Z
DairiHut RI ke 78Paskibraka

HUT RI ke 78, Tetap Lingga Ajak Masyarakat Gotong Royong Lanjutkan Pembangunan

Suasana upacara detik-detik Proklamasi di Kecamatan Sumbul. (Foto/P Silalahi).

DAIRI, Sumbul - nduma.id


Detik-detik proklamasi 78 tahun Indonesia Merdeka di Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi Sumatera utara berlangsung hikmat, Kamis 17 Agustus 2023.


Pasukan pengibar-bendera sukses mengibarkan sang saka merah putih di lapangan Udkp depan kantor Camat Jalan Pelita Sumbul.


Mereka adalah Siswa - siswi dari SMA Negeri 1 Sumbul, SMK Rismaduma dan SMA Advent Sumbul.


Camat Sumbul, Tetap  Lingga bertindak sebagai Inspektur upacara dan Komandan Barisan Sertu Zidomi dari Koramil Sumbul .


“Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-78 tingkat kecamatan untuk memberi  penghormatan dan nilai-nilai perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan,” kata Tetap Lingga dalam arahannya.


Dikatakan Tetap, banyak korban jiwa, raga dan air mata di pertaruhkan oleh pendahulu bangsa demi kebahagiaan dan kenikmatan kemerdekaan yang kita rasakan saat ini.


Karena itu, Tetap Lingga mengajak semua anak bangsa untuk bersyukur karena sudah bebas dari penjajahan.


Di contohkannya perjuangan melawan pandemi Covid-19 belakangan ini.


Menurutnya Covid-19 mengajarkan semua dengan kebersamaan, persatuan dan semangat melawan pandemi.


“Gotong Royong itulah yang dijadikan bangsa ini dalam melanjutkan pembangunan terutama di Kecamatan Sumbul. Dalam merebut perjuangan dan memenangkan kemerdekaan ini sambung menyambung tak pernah putus. Semangat perjuangan dan  pengorbanan itu menjadi buruh sejarah yang tak pernah padam di tengah hantaman perubahan sejarah,” sebut Tetap. 


Oleh arena itu di katakan tetap Lingga, sekarang tiba saatnya generasi muda benar-benar mengambil sikap dan kedudukan massa depan bangsa dan tanah air .


“Dengan kebersamaan kerja sama hanya rasa dalam bersikap yang berpendidikan yang dapat berdiri di pangkuannya, semangat dan tanggung jawab inilah yang perlu kita jaga. Mewarisi dari pada pendiri bangsa Kabupaten Dairi yang mensejahterakan anak bangsa,” tandasnya.


Terakhir Tetap Lingga menjelaskan harapan bersama melalui kerja sama, kerja cerdas Gotong Royong saling membantu sehingga dapat membantu masyarakat Dairi yang Makmur dan Sejahtera sesuai dengan tema Hari Kemerdekaan yang ke- 78 Terus Melaju Indonesia Maju, mencerminkan semangat dan tekad bangsa Indonesia.


Ikut hadir dalam upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 itu Danramil Sumbul Kapten inf. I.S Tarigan, Kapolsek  Sumbul AKP A. Parhusip, perwakilan elemen masyarakat Pemuda Pancasila, Damkar, Lansia Kelurahan Sumbul, tokoh masyarakat  Sumbul dan para guru tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. 


Anggota DPRD Dairi Rukiatno Nainggolan tampak membacakan teks proklamasi.


Upacara di tutup dengan pemberian hadiah juara lomba nyanyi Vocal Solo.


Sore harinya, Ketua Panitia bermarga Nadeak melaporkan, petugas Paskibraka menurunkan bendera Sang Saka Merah Putih dengan Inspektur upacara Kapolsek Sumbul AKP A. Parhusip dan Komandan Barisan Serda Jasa Ranto Simamora dari Koramil Sumbul.


Penulis : P. Silalahi

Editor : Rudi