Iklan Header

Senin, 31 Juli 2023, 09:11 WIB
Last Updated 2023-07-31T02:11:06Z
Bane RajaMusisiSiantar

TikTokers "Supir Siantar" Menghadiri Local Fest Road to Show di Siantar

Bane Raja memperlihatkan kaos kreasi Bagak. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Bane Bergerak (Bagak) menggelar Local Fest Road to Show Vol. 1 di Tropical Street Bar, di hadiri ratusan masyarakat Kota Pematang Siantar, Minggu 30 Juli 2023.


Ketua Local Fest Road to Show, Patrick Pandiangan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan para Local Hero


"Kita mengumpulkan Local Hero, seperti band, sanggar tari, dunia fashion atau modeling dan komunitas yang ada di siantar" kata Patrick


Kegiatan ini menghadirkan 4 komunitas yaitu,  Rumput Liar, Joker Reborn, Limbat Dancers dan Slankers. 


Acara dimulai pukul 20:15 WIBq dengan opening MC oleh Guido Hutagalung untuk perkenalan program Bagak Local Fest.


Di lanjutkan penampilan Slankers, kemudian pemaparan atau memperkenalkan program merdeka keuangan bagi komunitas khususnya di Pematang Siantar. 


Lalu penampilan Limbat Dancer

Kemudian acara talkshow oleh Bane Raja Manalu. 


Setelah itu penampilan Rumput Liar Band, dilanjutkan penampilan Joker Band, kemudian penampilan 3 Artis Ft Limbat Dancer. 


Acara hari ini adalah hasil perbincangan dengan anak anak kreatif siantar


"Melalui kegiatan ini diharapkan pemuda siantar dapat merdeka keuangan untuk mencegah uang kumpul berjalan," katanya sambil tertawa.


Bane memanggil Albert Sianipar seorang juru parkir dikota Pematang Siantar dan memberikan sebuah merchandise untuk membangkitkan spirit tukang parkir itu.


Perwakilan komunitas tuna rungu bernama Gerkatin sahabat tuli dan bisu  menyatakan terima kasih kepada Bane karena memberikan aksesnya menikmati menikmati musik karena ada bahasa isyarat untuk kaum tuna rungu dalam kegiatan itu. 


Bane mengatakan dirinya gelisah melihat kondisi Siantar jika jalan tol Siantar Parapat rampung, karena hal tersebut mengancam kondisi perekonomian Siantar.


Oleh karena itu kota Siantar harus dijadikan menjadi kota festival agar wisawatan tetap datang. 


Ketua komunitas tuna rungu itu menceritakan tentang kaum tuna rungu di Siantar yang mendapat lapangan kerja hanya 2 orang. 


Mendengar hal tersebut Bane akan membuka kesempatan kaum tuna rungu siantar bergabung di yayasan  Bane. 


Dihadiri Tiktokers terkenal asal Siantar, Josua Parmonangan Simanjuntak Pemilik akun medsos tiktok "Supir Siantar" dalam acara ini Supir Siantar itu mengapresiasi kegiatan ini. 


Dan berpesan bagi bagak lokal fest tetap semangat dan terus berkarya.


"Saya hadir kesini diundang Guido Punxgoaran, dan karena saya suka musik makanya saya datang. Menurut saya acaranya keren karena tamu undangan yang hadir rata rata kawula muda," kata Josua Parmonangan simanjuntak yang bekerja sebagai pilot garuda airlines itu


Melalui industri kreatif Bane Raja Manalu memiliki harapan untuk menghidupkan kota Pematang Siantar 


Bane memperkenalkan program merdeka keuangan yang di lahirkan ide nya sendiri. 


"Saya mengajak kolaborasi para pegiat seni dikota Pematang Siantar karena saya memiliki usaha produk pakaian, nah melalui usaha pakaian itu saya mengajak para anak band untuk membuat merchandise bandnya di dengan harga terjangkau, kemudian anak band itu membayar kalau merchandise tersebut sudah laku," tandasnya.


Untuk menjamin para pegiat seni itu tetap memiliki penghasilan walaupun sepi Job manggung Bane Raja Manalu mengatakan akan terus membuat solusi baik secara digital maupun offline. 


" Karena bagi Saya merdeka keuangan adalah ketika kebutuhan kebutuhan mendasar tidak lagi menjadi masalah," ucapnya.


Bane juga menghimbau para hadirin agar tidak tergiur ketika hak suaranya di tukarkan dengan uang. 


Ada hal yang lebih besar untuk kita lakukan ayo kolaborasi. 


" Misalnya kemarin ada salah satu band siantar yang berkeinginan manggung di jakarta Selatan dan pada akhirnya mimpi untuk tampil disana terwujud melalui kolaborasi yang kita lakukan," katanya.


"Kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan secara konsisten jika saya dan para pekarya  juga pekerja bertemu untuk satu tujuan Baik," tambahnya


Untuk kaum Gerkatin, Bane berkomitmen memberikan ruang pelatihan. 


"Mereka memiliki hak yang sama seperti manusia pada umumnya, maka saya memiliki komitmen untuk memberikan mereka ruang untuk pelatihan bekerja karena saya memiliki beberapa usaha dikota pematang Siantar," katanya


"Jika Gerkatin memiliki komitmen yang baik dengan Bagak dan memenuhi kualifikasi pasti akan saya ajak bergabun," ujarnya


Acara diakhiri dengan sesi foto bersama. 


Penulis : Ari

Editor : Rudi