Iklan Header

Minggu, 09 Juli 2023, 17:36 WIB
Last Updated 2023-07-09T15:25:39Z
BegalMedanPKN

PKN Sebut Medan Gelap Undang Kejahatan

Ketua Harian Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKN Kota Medan, Bobby Octavianus Zulkarnain. ( Foto/Istimewa).

MEDAN - Nduma.id

Pemuda Karya Nasional (PKN) Kota Medan menilai kejahatan di jalanan Kota Medan, seperti begal dan geng motor kian meresahkan masyarakat.


Karena itu PKN Kota Medan menyikapi itu dengan menyuarakan harapan masyarakat kepada pemerintah kota dan aparat keamanan untuk tegas mengatasi persoalan.


Ketua Harian Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKN Kota Medan, Bobby Octavianus Zulkarnain mengatakan, lampu jalan di Kota Medan banyak tidak berfungsi, termasuk di jalan-jalan protokol.


"Lampu-lampu jalan yang tidak berfungsi bukan cuma menjadikan suram wajah Kota Medan, lebih dari itu akhirnya mengundang kejahatan," kata Bobby Octavianus Zulkarnain, Minggu (9/7/2023).


Disebutnya seperti di jalan-jalan protokol, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Imam Bonjol dan lainnya.


Itu katanya dampak setelah proyek lampu jalan atau lampu pocong di hentikan Wali Kota, dan belum ada tindak lanjut untuk mengatasi masalah penerangan.


Pihaknya mendukung langkah Wali Kota Medan dalam menangani persoalan proyek lampu jalan tersebut.


Tapi di samping itu, Bobby Zulkarnain pun mengimbau Pemko Medan mengaktifkan lampu jalan yang lama.


"Jangan terlalu lama kondisi gelap seperti ini, yang akan mengundang aksi kejahatan seperti perampokan atau begal," ujar Bobby.


Dia pun menyarankan, Bobby Nasution membuat satu kebijakan untuk mengajak warga ikut mengatasi masalah penerangan umum, terutama di lingkungan tinggalnya.


"Kita mungkin masih ingat dengan kebijakan Wali Kota Abdillah dulu, saat baru dilantik membuat  kebijakan terkait penerangan lingkungan," ungkap Bobby.


Saat itu, ingatnya, Abdillah mewajibkan tiap ruko memasang satu lampu di depan bangunannya.


"Jadinya, selain lingkungan jadi terang dan gemerlap, tentunya juga meminimalisir kemungkinan aksi kejahatan," imbuhnya.


Sementara itu, terkait tindakan terhadap pelaku kejahatan, Bobby Zulkarnain meminta aparat kepolisian bersikap.proaktif melakukan pencegahan.


"Polrestabes Medan dan jajaran harus aktif melakukan patroli. Dan kami dari PKN mendukung sikap tegas Polri terhadap para pelaku begal dan kejahatan lain," ucap Bobby. 


Penulis : Raden

Editor : Son